Upaya Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Di Kota Mamasa (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan)

Silva Silva, Aco Dahrul Saharuddin, Andriani Andriani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Upaya Pengelolaan Sampah Di Kota Mamasa (Studi Kasus Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) secara umum sudah menerapkan beberapa pelaksanaan upaya dalam program kerja, namun pada kenyataannya masih banyak mengalami masalah dalam proses pengelolaan sampah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yaitu Upaya pengelolaan sampah melalui pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pembuangan akhir. Adapun yang menjadi faktor yang mempengaruhi dalam proses pengelolaan sampah yaitu faktor pendukung diantaranya sosialisasi pengelolaan sampah dan penyediaan tempat penampungan sampah dan faktor penghambat yaitu Dana/Anggaran, sarana dan prasarana, serta kurangnya kesadaran masyarakat. untuk itu perlu ada kerjasama baik antara masyarakat dan DLHK dalam hal memberikan bimbingan kepada masyarakat.


Keywords


Upaya, Pengelolaan Sampah, DLHK

Full Text:

PDF

References


Asteria, D., & Heruman, H. 2016, Bank Sampah sebagai AlternatiF Strategi Pengelolaan Sampah Berbasisi Masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an Alternative Of Community-Based Waste Management Strstegy in Tasikmalaya). Manusia dan lingkungan, 23(1), 136-141. Retrieved Fromhttps//journal.ugm.ac.id/JML/article/view/18783/12114

Dani, Muhammad H (2018). Sampah dan Problematika Masyarakat Perkotaan, (Online),

https://analisadaily.com/berita arsip/2018/3/18523178/sampah-dan-problematika-masyarakat-perkotaan/ (25 April 2020)

Kurnia, Nining (2019), Sampah Menjadi Masalah Lingkungan di Indonesia, (online), dari:https://www.kompasiana.com/niningkurnia/5cbef26595760e2b081e54a4/sampah-menjadi-masalah-lingkungan-di-indonesia (25 April 2020)

Moleong, L. J. (2010). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: rineka Cipta; 2007 (Buku)

Salintung, Mary Irwan Ridwan Rahin dan Ryan Rombe, 2015. Studi Pengelolaan Sampah Terpadu di Tingkat Kelurahan Kota Makassar (Srudi Kasus Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang). Jurnal Teknik Sipil Universitas Hasanuddin. Makassar

Sarbi, S., & Barat, UPS (2008). Pengembangan sistem pengelolaan sampah di Kota Parepare, Jurnal Lingkungan Bumi Lestari, 8 (1)

Soemirat, J. (2014). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 4 (2).

Sucipto, C. D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Cetakan ke-24 Bandung:Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3086

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter