PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Riska Riska, Herlina Ahmad, Suradi Ishak

Abstract


RISKA, 2022 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis  Masalah Pada Siswa . Dibimbing oleh Herlina Ahmad dan Suryadi Ishak.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui model pembelajaran berbasis  masalah pada siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII dengan jumlah siswa 18 orang.Instrumen penelitian ini terdiri atas : (1) Lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa pada proses pembelajaran,(2) Lembar Observasi untuk mengamati kesesuaian keterlaksanaan peneliti,(3) Tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk essai. Lembar Observasi di analisis secara kualitatif sedangkan tes kemampuan penalaran matematis siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan peneliti pada siklus I diperoleh 84,75%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94% dan pada lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 78,25% dan pada siklus II diperoleh 92%. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I hanya mencapai 27,77% dan pada siklus II meningkat menjadi 33,33%. Berdasarkan hasil  analisis data kualitatif dan kuantitatif, disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Rantebulahan Timur terjadi peningkatan.


Keywords


Kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran berbasis masalah, peningkatan

Full Text:

PDF

References


Khasanah, I. (2019). Kemampuan penalaran dalam pemecahan masalah matematika pada materi fungsi komposisi ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X MA Darul Hikma Tawangsari Tulungagung.

Mikrayanti, M. (2016). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97.

Muliawati, N. A. (2015). Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Problem Based Learning (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Yuniarti, Y. (2016). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2)

Usniati, M. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran matematika melalui pendekatan pemecahan masalah.

Ishak, Suryadi. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Dienes Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 6.1 (2017): 1-12.

Nurhasanah, L. A. I. L. A. (2009). Meningkatkan Kompetensi Strategis (Strategic Competence) Siswa SMP melalui Model PBL (Problem Based Learning). Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Sagala, S. (2011). Membangun Menara Pendidikan Berkarakter Cerdas. -.

Ahmad, Herlina. "Desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan model kooperatif dengan pendekatan kontekstual pada kelas xa smk bina generasi polewali." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 7.1 (2016): 39-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.3092

Article Metrics

Abstract views : 300 times | PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.