PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK MTS AL FAJRIN TANGNGA-TANGNGA KELAS VIII

Febryanti Febryanti, Irfawandi Samad, Vikra Nurul Fitriya

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan aljabar geografis terhadap analisis matematis  teorema Pythagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs Al Fajrin Tangnga-Tangnga, pencakupan dilakukan secara random sampling sehingga  kelas eksperimennya adalah Kelas VIII B dan kelas kontrolnya adalah VIII A Alat penelitian ini adalah eksperimen dan observasi. Tes terdiri dari pre-test dan post-test, sedangkan lembar observasi meliputi lembar observasi kinerja dan aktivitas siswa. Untuk mengolah data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh dari hasil ujian akhir atau ulangan setelah ulangan yaitu rata-rata prestasi belajar Matematika siswa kelas TN adalah 82,56 dan rata-rata prestasi belajar mata pelajaran. siswa di kelas kontrol adalah . 73,84. Hasil hitung t_hitung adalah 2,82 sedangkan  nilai t_tabel adalah 1,68 yang berarti t_hitung > t_tabel adalah 2,82 > 1,67. Menunjukkan  H_0 ditolak dan H_1 diterima karena & lt; yaitu 0,00 & lt; 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan aljabar geografis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al Fajrin


Keywords


kemampuan disposisi matematis, GeoGebra, Matematika

Full Text:

PDF

References


Asngari, D. R. (2015, November). Penggunaan geogebra dalam pembelajaran geometri. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 299-302).

Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding SENAMKU, 1, 352-364.

Maisyarah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa (Doctoral dissertation, UNIMED).

Mawaidah, M. (2021). Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Pokok Bahasan Salat Jamak Qasar di Kelas VII MTs Darul ‘Ulum Ath-Thahiriyah Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2016). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa sma swasta di kabupaten manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(1), 65-72.

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 80-94.

Sopiany, H. H. N., & Rikayanti, R. (2018). Mensinergikan kemampuan geometri dan analisis pada mata kuliah kalkulus diferensial melalui bahan ajar berbasis geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164-173.

Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50. Samad, I., & Assaibin, M. (2021).

Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2020). PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 11).

Tanzimah, T. (2019, July). PEMANFAATAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3125

Article Metrics

Abstract views : 160 times | PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.