EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY JURISPRUDENCIAL BERBASIS APLIKASI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA Di ERA COVID 19.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan Inquiry Jurisprudencial dalam pembelajaran berbicara menyajikan teks diskusi kelas ix smp negerti 5 wonomulyo pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 5 wonomulyo metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantiatatif dan desain penelitian Pre test Post test Control Grup Desaign. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Random Sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan penggunaan Inquiry Jurisprudencial dalam pembelajaran berbicara menyajikan teks diskusi kelas ix smp negerti 5 wonomulyo dan dilaksanakan di kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 peserta didik. Pertimbangan yang digunakan yaitu hasil belajar peserta didik, respon peserta didik, dan aktivitas peserta didik. Berdasarkan pertimbangan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas dengan nilai rata-rata 86,13 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol 78,00. Respon peserta didik terhadap penggunaan Inquiry Jurisprudencial dalam pembelajaran berbicara menyajikan teks diskusi kelas ix smp negerti 5 wonomulyo dinyatakan senang dengan nilai 87,61, dan aktivitas peserta didik 86%. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Inqury Jurisprudencial efektif digunakan pada pembelajaran penggunaan Inquiry Jurisprudencial dalam pembelajaran berbicara menyajikan teks diskusi kelas ix smp negerti 5 wonomulyo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovatif kontenporer. Jakarta:Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B.2017.Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Arends. (2017). Model-model pembelajaran inovatif beriorentasi krontruktivitis. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.
Sugiono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Muthmainnah, Obaid, A.J.., AL.Mahdawi, R.S., & Khalaf ,H.A..(2022). Adoption Social Media-Movie Based Learning Project (SMMBL) To Engange Students’ Online Environtmen.
Sudrajat,akhmad.(2018). Pengertian pendekatan, model, strategi, metode, teknik dan model pemebelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Allyin dan Bacon.2019. Methods For Teaching, New Jersey:Pearson Education.
Al Yakin, A., Obaid, A. J., Muthmainnah, R. S. A., Mahdawi, H. A. K., & Al-Barzinji, S. M. (2022). Bringing Technology into The Classroom Amid Covid 19, Challenge and opportunity. Journal of Positive School Psychology, 6(2), 1043-1052.
Tarigan, Henry Guntur.2019, Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Angkasa.
Alyakin, Ahmad.”Manajemenkelas di era industri 4.0”Jurnal peqguruan Conference Series. Vol. 1. No.1.2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3137
Article Metrics
Abstract views : 19 times | PDF - 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.