PENGARUH APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAMBI
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah agar dapat mengetahui adanya pengaaruh aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mambi. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu dengan sampel 54 orang yang terbagi menjadi dua kelas, ialah kelas VIII A (kelas eksperimen) sebanyak 25 siswa yang diajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan kelas VIII B (kelas kontrol) sebanyak 29 siswa yang diajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra. Setelah diberikan tes awal (pretest) diperoleh rata-rata skor pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen 41.77 dan pada kelas kontrol diperoleh 40.22. Nilai rata-rata pemecahan masalah matematika setelah diberikan tes akhir (pos test) pada kelas eksperimen 80.14 dan pada kelas kontrol diperoleh 70.62. Data pengujian uji-t thitungsebesar 3, 265. Sedangkan untuk nilai ttabel sebesar 1,674 yang berarti thitung> ttabel yaitu 3, 265 > 1,674. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi GeoGebra berpengaruh positif terhadap kemempuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 mambi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur’an (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Ali Syahbana. 2016. Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Noerfikri Offset. Palembang.
Baiduri. (2015). Pengaruh Tahapan Polya Dalam Pemecahan Masalah Terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2)
Marlina. (2013). Metode Penelitian. Skripsi. Polewali Mandar: Universitas Al Asyariah Mandar
Millati, D. Y. I., & Prihaswati, M. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Sptldv Berbantu Aplikasi Geogebra. Edusaintek, 4.
Ninik, Hobri, & Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswa Smk Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Program Linier. Kadikma, 5(3), 1–8.
Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh penggunaan geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik garis dan sudut. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99-107.
Nurhayati, N., Meirista, E., & Suryani, D. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 74-82.
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019, February). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 439-443).
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pkm (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(01), 11-19.
Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2020). PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 11).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.3143
Article Metrics
Abstract views : 199 times | PDF - 82 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.