Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
Kemandrian Belajar siswa terhadap Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Bambang
Abdul Latief, Dermawan Dermawan, Sumana Sumana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa ditinjau dari warga belajar di SMP Negeri 7 Bambang. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket untuk memperoleh data kemandirian belajar siswa.Populasiadalahsiswa SMP Negeri 7 Bambang yang berjumlah 56 orangdengansampel 9 orang siswa yang diambildarisetiaptingkatankelas.Hasilanalisiskualitatifdariwawancaramenunjukkanbahwatingkatkepercayaandirisiswakurang, inisiatifsiswadalambelajarbaik, tanggungjawabsiswakurangdanmotivasibelajarsiswacukupbaik. Sedangkanhasil analisis kualitatif terhadap angketmenunjukkantingkatkemandirianbelajarsiswamemperolehskor 31,76 (69,91%) dengankategoricukup baik
Al Yakin, A (2019), Juli. Manajemen kelas di Era Industry 4.0 In Jurnal Peqguruang Conference Series (Vol.1, no. pp 11-15).
Haris Mujiman. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Mitra Cendekia
Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada pendidikkan kewarganegaraan pada peserta didik di sekolah smk negeri paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 13- 26.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Sopee Indonesia
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159-170.
Tirtarahardja, Umar dan Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta