PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA PROPOSAL PENELITIAN MELALUI METODE CRITICAL THINGKING SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 POLEWALI
Abstract
Kurangnya motivasi belajar siswa, keadaan kontekstual, dan terkadang kebosanan dengan metodologi pembelajaran menjadi kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali meningkatkan hasil belajarnya dalam kemampuan mendeteksi informasi proposal dengan menggunakan metode berpikir kritis.Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan (PT). Seluruh 38 siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali menjadi sampel penelitian ini; jumlah siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 20 orang. Tes dan log observasi adalah alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini.Studi statistik peneliti mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I yaitu 50,53 melonjak menjadi 75,53 pada siklus II. proporsi penyelesaian nilai rata-rata Siklus I dan II telah meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali semakin mahir menerapkan proses berpikir kritis untuk mencari informasi tentang kegiatan atau topik penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D.S.N. (2012). Pendekatan Problem Posing dengan Latar Pembelajaran Kooperatif. Gamatika, 2 (2), 157-165.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Febriani, Nurul. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung
Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mcleod, Raymod. 2010. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Paul, Richard and Linda Elder. 2005. The Miniature Guide to Critical Thinking ”CONCEPTS & TOOLS”. The Foundation of Critical Thinking: California.
Sufanti, Main. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Yasushi, G. 2016. Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2016). Niigata University.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3164
Article Metrics
Abstract views : 148 times | PDF - 110 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.