PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA PROPOSAL PENELITIAN MELALUI METODE CRITICAL THINGKING SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 POLEWALI

Ika Frilianti, Chuduriah Sahabuddin, Kurnia Kurnia

Abstract


Kurangnya motivasi belajar siswa, keadaan kontekstual, dan terkadang kebosanan dengan metodologi pembelajaran menjadi kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali meningkatkan hasil belajarnya dalam kemampuan mendeteksi informasi proposal dengan menggunakan metode berpikir kritis.Penelitian Tindakan Kelas adalah metode penelitian yang digunakan (PT). Seluruh 38 siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali menjadi sampel penelitian ini; jumlah siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 20 orang. Tes dan log observasi adalah alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini.Studi statistik peneliti mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I yaitu 50,53 melonjak menjadi 75,53 pada siklus II. proporsi penyelesaian nilai rata-rata Siklus I dan II telah meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Polewali semakin mahir menerapkan proses berpikir kritis untuk mencari informasi tentang kegiatan atau topik penelitian.


Keywords


Critical Thingking; Informasi; Mengidentifikasi; Metode; Proposal

Full Text:

PDF

References


Afifah, D.S.N. (2012). Pendekatan Problem Posing dengan Latar Pembelajaran Kooperatif. Gamatika, 2 (2), 157-165.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Febriani, Nurul. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mcleod, Raymod. 2010. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Paul, Richard and Linda Elder. 2005. The Miniature Guide to Critical Thinking ”CONCEPTS & TOOLS”. The Foundation of Critical Thinking: California.

Sufanti, Main. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Yasushi, G. 2016. Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2016). Niigata University.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3164

Article Metrics

Abstract views : 148 times | PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.