MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs DDI KANANG

Erfin Erfin, Ayu Rahayu, Ahmad Syah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah peninglatan kemampuan representasi matematika siswa melaluipenerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs DDI Kanang dengan jumlah 20 siswa kelasa VII di Polewali Mandar, dengan sampel II siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan representasi matematika siswa dari siklus I ke siklus II, khususnya dalam merepresentasikan sebuah maslah matematika. Hal ini dilihat dari persentase pada akspek aktivitas yang diobservasi dari pelaksanaan siklus I dan siklus II. Menunjukkan bahwa hasil kemampuan representase matematika siswa setelah menggunakan model kepala bernomor struktur mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siklus I dan siklus II terlihat bahwa skor rata-rata memampuan representasi matematika pada siklus I nilai tertinggi 50% terendah dan nilai tertinggi yaitu 90% dengan standar deviasi 11,45 adapan peserta didik yang tidak tuntas 2 orang 50% dan tidak tuntas sebanyak 18 orang 90% Siklus II menunjukan bahwa yang tuntas 18 orang 93% dan tidak tuntas sebanyak 2 orang 50%. Berarti menunjukan bahwa adanya peningkatan dengan hasil ketuntasan pada siklus II.

Keywords


Kemampuan Representasi; Kepala Bernomor Struktur

Full Text:

PDF

References


Artinah, T. (2017). Penerapan Pembelajaran Dsikusus Multi Representasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Sarjana Pendidikan FMIPA UPI. Bandung: Belum Diterbitkan.

Giantara, Astuti. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Candekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Khairunnisa, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Repesentasi Matematis Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Melayu Langkat di MTS Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).

Kurt Lewin, (2018). Pada Tahun 1945 Menemukan Desain Penelitian Tindakan Kelas.

Rostika, D. Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siawa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diakursus Multy Representation (DMR). 9(1). 35-46.

Syafri, F. S. (2017). Kemempuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal e-DuMath, 3(1).

Suparta, N. (2016). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi dan Desposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Darta. (2013) Peran Representasi Dalam Pembelajaran Matematika D isekolah, Jurnal Pendidikan Matematika “SYMMETTY”.

Sabirin, (2014) Merepresentasikan Kedalam Masalah Matematika “Jurnal Pendidikan Matematika 1.2 (2014):33-44.

Yudhanegara, M. R. dan Lestari, K. E. (2019) Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka. Majalah Ilmiah Sosial, 1(04).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.3189

Article Metrics

Abstract views : 136 times | PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.