PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII

Sukma Jufri, Ahmad Syah, Muhammad Assaibin, Febriyanti Febriyanti

Abstract


Observasi ini ialah observasi quasi eksperimen bermaksud buat memahami pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua (genap), dengan jumlah pertemuan adalah 3 kali diluar dari pemberian pre-test dan post-test. Mengenai komuntitas oleh observasi ini ialah segenap peserta didik kelas VII SMPN Satap Kunyi. Kemudian cuplikan oleh investigasi ini ini ialah strata VII A selaku tingkat percobaan serta strata VII B selaku kelas kontrol. Metode pengumpulan informasi oleh investigasi ini digunakan pada pemberian pre-test (tes awal), pemberian angket, lalu post-test (tes akhir), lembar observasi aktivitas pendidik,serta lembar observasi kegiatans anak didik. Infromasi yang sudah dikumpul dijabarkan dengan memanfaatkan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan pada umumnya angka keahlian hubungan matematika strata percobaan senilai 83,24 serta rata-rata efikasi diri peesrta didik senilai 65,6 sedang rata-rata angka pada strata kontrol 70,08 serta rata-rata self-efficacy senilai 57,66 pada hasil penjabaran statistik inferensial memanfaatkan uji t bahwa nilai t hitungnya 4.004 dan t tabelnya sebesar 2.048 dengan signifikansi  0.05 sehingga  ditolak dan  diterima. Berlandaskan hasil observasi bahwa tampak antagonisme yang signifikan jarak keahlian bungan matematika sertaself-efficacy peserta didik oleh strata VII A selaku kelas percobaan yang dibimbing memakai model pembelajaran problem based learning serta kelas VII B selaku kelas kontrol yang dibimbing tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning.


Keywords


Model Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013.

Fatimah, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa.

Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan ,11 (1), 43-50.

Fatimah, F., Febryanti, F., & Yako, Y. (2021).

PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK VEE DENGAN MEDIA GAMES ROTANKUS TERHADAP HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI SISWA. Jurnal MSA ( Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya ) , 9 (1), 68-73.

AGUSTIN, B. (2018). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir di Universitas Muhammadiyah Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Binjai, S. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunal Ilmu Pendidikan, (Online), 5(1).

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94-106.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasimatematis-dalam-pembelajaran-matematika

Ishak, S., & Halimah, H (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Journal Peqguruang, 1(2), 34-37.

Ishak, S. (2018).Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Penidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13 (1), 75-78.

Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman, S. (2018, February). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi.In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, Pp. 120-129).

Ramadhan, S., Nasran, SA, Utomo, HB, Musyadad, F., & Ishak, S (2019).Penerapan teori generalisasi pada pengembangan instrument penelitian kompetensi guru fisika.Jurnal Internasional Penelitian Ilmiah dan Teknology, 8 (7) ,333-337.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tiro, M. A., Sukarna, S., & Aswi, A. (2014). Pengantar Teori Peluang.

Yanti, W. N. (2022). PENGARUH SELF-EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONALTERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei pada Siswa kelas XI IIS Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3217

Article Metrics

Abstract views : 47 times | PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.