Studi Tentang Penggunaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar)

Andi Darniyanti, Aco Dahrul Saharuddin, M. Syariat Tajuddin

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauh mana SOP menjadi acuan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat di dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi ke lapangan, wawancara dan mencari dokumentasi melalui studi buku atau literatur, hasil penelitian, catatan tertulis, dll yang relevan dengan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian, dapat disebutkan bahwa secara keseluruhan SOP) dalam pemberian pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar sudah cukup baik dalam hal analisis sistem dan proses kerja, analisis tugas dan analisis proses kerja sudah dijalankan dengan baik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar walaupun masih ada kendala yang terjadi di dalam pemberian pelayanan. Dan masyarakat sudah cukup puas dengan pelayanan dan kinerja yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar.


Keywords


Standar Operasional Prosedur (SOP), Administrasi Kependudukan

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Tjipto. 2012. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta : Unpad.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok : Rajawali Pers.

Ekotama, S. 2015. Pedoman Mudah Menyusun SOP. Yogyakarta : MedPress

Herdiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Massyat, M. (2017). Analisis Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Camat Tapalang Kabupaten Mamuju. Mitzal, 18-28.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books

Wahyono Suko, Budi Prihatminingtyas, Annisa Purwatiningsih. 2019. Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan). Jakarta: Kencana

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintah.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Polewali Mandar tentang pelayanan standar operasional prosedur (SOP).

Sulistiani, a.s. 2016. Standar Operasional Prosedur (SOP) administrasi kependudukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan publik. Laman https://ejournal.ip.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2016/01/Ayu%20Siami%20Sulistiani%20(01-12-16-11-18-26).pdf, (Diakses Pada Tanggal 28 Bulan Desember Tahun 2020 Pukul 19.00 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3237

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter