Sistem Pakar Pengenalan Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jagung Berbasis Web

Mirnawati Mirnawati, A. Akhmad Qashlim, A.Emil Multazam

Abstract


Penelian ini brtujuan untuk mengetahui cara membuat sistem pakar berbasis web untuk mengidentifikasi penyakit dan hama pada tanaman jagung Berdasarkan situs yang akan memberikan informasi tentang hama dan penyakit serta cara penanggulangannya, penelitian ini akan mengembangkan sistem pakar untuk mengidentifikasi hama dan penyakit pada tanaman jagung. Penelitian penulis sedang dilakukan di Desa Sumarrang. Metode faktor kepastian digunakan dalam penelitian ini. Membangun aplikasi telah sukses untuk penelitian ini. sistem pakar berbasis web untuk mengidentifikasi penyakit dan hama pada jagung Bagi produsen jagung, penelitian ini mempermudah dalam merawat tanamannya. Pengguna dapat mengakses fitur melalui sistem jagung berbasis web ini. Penggunaan sistem pakar ini memudahkan proses identifikasi hama tanaman.


Keywords


Sistem Pakar, Jagung, Web

Full Text:

PDF

References


Armansyah, a., & prasetyo, d. Y. (2016). Sistem pakar identifikasi hama dan penyakit tanaman jagung berbasis web (studi kasus: dinas tanaman pangan dan hortikultura kab inhil). Sistemasi: jurnal sistem informasi, 5(3), 1-7.

Sukri, m. Z., & rakhmad, h. (2016). Penanganan hama dan penyakit tanaman jeruk dalam desain sistem pakar diagnosis penyakit menggunakan metode euclidean distance. Prosiding.

Putra, a. N. (2017). Sistem deteksi kondisi supply dan kebutuhan mineral pada tubuh. Sains dan teknoogi informasi, 3(2), 46-55.

Kuswanto, j. (2020). Sistem pakar untuk perlindungan tanaman padi menggunakan metode forward chaining. Jurnal ilmiah edutic: pendidikan dan informatika, 7(1), 31-39.

Rasywir, e., sinaga, r., & pratama, y. (2020). Analisis dan implementasi diagnosis penyakit sawit dengan metode convolutional neural network (cnn). J. Paradig. Ubsi, 22(2), 117-123.

Nasser, r. (2021). Pembuatan sistem pakar mendiagnosa penyakit hama pada tanaman kakao menggunakan metode forward chaining. Jurnal ilmiah teknologi informasi, 11(1), 1-7.

Arif, a. (2019). A sistem pakar hama dan penyakit tanaman jeruk gerga pagar alam menggunakan metode euclidean distance berbasis website. Jurnal teknologi informasi mura, 11(02), 68-75.

Aldo, D. (2020). Sistem pakar diagnosis hama dan penyakit bawang merah menggunakan metode Dempster Shafer. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(2), 85-93.

Susilastuti, D., Marhaeni, L. S., Sunar, B. K. U., Napitupulu, D., Aditiameri, R. S., & Husni, M. Sistem Pakar Budidaya Sehat dan Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Kentang Berbasis Android. In Seminar Nasional Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI).

Asnunun, S., & Kartika, K. P. SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN KEDELAI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE CERTAIN FACTOR.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3239

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter