Analisis Minat, Keaktifan Siswa, dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Campalagian

Rasdia Ruslan, Ahmad Syah, Chuduriah Sahabuddin

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana minat dan keaktifan siswa yang berujung pada hasil belajar matematika yang dicapai siswa saat belajar matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat, keaktifan, dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran “deskripsi kualitatif”. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Campalagian. Pengumpulan data menggunakan tes angket, lembar observasi keaktifan, dan wawancara. Selain itu, data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis data kualitatif melalui tiga langkah alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa minat dan aktivitas belajar SMP Negeri 2 Campalagian pada kelas VIII F dan kegiatan belajar konsisten dengan hasil belajar

Keywords


Analisis minat, keaktifan belajar siswa, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. 2018. Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,2(1), 144-153.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. 2018. Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang.Journal on Education,1(1), 14-21.

Fatimah, F., Syah, A., & Ekawati, D. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Journal Peqguruang, 1(2), 25-29.

Febryananda, I. P. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 170-174

Flora Siagian, R. E. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.

Maya, R., & Setiawan, W. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI (Jurnal pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1095-1104.

Mudyahardjo, Redja. 2014. Pengantar Pendidikan “Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia”. Rajawali Pers. Jakarta.

Nawawi. 2003, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Purwanto. 2011. Evaluasi hasil belajar : yogyakarta : pustaka belajar.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education,1(2), 344-352

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3294

Article Metrics

Abstract views : 246 times | PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.