Pengembangan RPP dengan Pendekatan Matematika Realistik

Nurhasanah Nurhasanah, Eka Widiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbentuk RPP pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada materi Aljabar.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).  Uji coba dilakukan di SMP Advent Manokwari. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini setelah uji coba yakni menghasilkan sebuah produk berupa RPP dengan pendekatan matematika realistik yang valid.


Keywords


Rencana pelaksanaan pembelajaran, pendekatan matematika realistik

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Daryato, dan Cahyono, D. Pengembangan Perangkat Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Gumanambo, dkk. “ Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smpn 9 Palu”. Jurnal. Palu: Pendidikan Tadulako. 2016.

Hadi, Sutarto. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Lestari, A. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII F MTsN Palu Barat. Skripsi tidak diterbitkan. Palu: FKIP Matematika UNTAD, 2015.

Nurhasanah, Herlina A.. “Analisis Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Geometri”. Jurnal Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan Vol. 13, No.1, hal 41-53. 2017.

Nurrokhmah, Febriana. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP”. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Tegeh, Jampel, dan Pudjawan. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 41 Tahun 2007.

Yuliyani, Rahmawati. Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Operasi Aljabar Di Kelas VII MTS Daarussa’adah. Ciganjur Jakarta Selatan. Jurnals. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.330

Article Metrics

Abstract views : 459 times | PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.