Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang merasa kewalahan dalam menyelesaikan soal Matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel, yang berakibat pada rendahnya hasil belajar Matematika yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan dan faktor penyebab peserta didik dalam menyelesaikan soal essay pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel, melalui penelitian “Deskriptif Kualitatif”. Informan atau responden dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kahu. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data secara kualitatif yang melalui 3 tahapan alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik lebih banyak di kesalahan proseduralnya antara lain: Kesalahan karena tidak tidak mengubah kesalahan tidak menjawabsoal, adapun faktor-faktor penyebab peseta didik dalam menyelesaikan antara lain: Tidak hafal sifat-sifat pertidaksamaan linear satu variabel, kurang teliti dalam mengerjakan soal, subyek terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kurang teliti dalam penulisan operasi hitung, tidak memahami cara penyelesaian soal. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kesalahan peserta didik lebih banyak di kesalahan prosedural dibandingkan pada kesalahan konseptual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiyani, Esti. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana dengan Menggunakan Alat Peraga pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Badakarya Kecamatan Punggelen Kabupaten Banjarnegara. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Online), (http://hipawidha.blogspot.com/2012/01/meningkatkan-kemampuansiswa-menyelesaikan-soal-cerita-dalam.html, diakses tanggal 02 Maret 2016).
Fadil, Muhammad, 2016. Deskripsi kesalahan prosedural matematika pokok bahasan limit fungsi aljabar pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Tinambung Polewali Mandar. Skripsi: FKIP Universitas Al Asyariah Mandar.
Kurniawan, 2007. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua variabel Pada Siswa Kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 6 Sukoharjo. Skripsi: Surakarta: Universitas Sebelas Maret (Online) (eprints.uns.ac.id/5121/1/02807200909401.pdf)
Muttakin, ijatul. 2012. Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan siswa kelas VII MTs Intisyarul Mabarat Amuntai. Skripsi. Banjarmasin: IAIN ANTASARI (online) (http://idr.iain-antasari.ac.id/2876/)
Nurdin, 2017. Analisis Kemampuansiswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan program linar kelas XI SMK Ma’arif Husnul Khatimah Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi: FKIP Universitas Al Asyariah Mandar.
Rahardjo. Mudjia, 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian kualitatif: Konsep dan Prosedur. Program Pasca Sarjana. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (online) (http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf Diakses 27 Oktober 2017)
Sahariah, 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang (online) (jurnal-online.um.ac.id/data/artikel9EEC8FEB3F87AC825C375098E45CB689.pdf)
Salamah, 2015. Matematika 1 Untuk Kelas VII SMP dan MTs. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Sari, L, A.2013. Diagnostik Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Peratama Dalam Meneyelesaiakan Masalah Faktorisasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (407-413). Yogyakarta: FMIPA UNY, (online), (eprints.uny.ac.id/10774/1/p%20-%2051.pdf Diakses 18 Mei 2015)
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.