ANALISIS KEPUASAN MAHAMAHASISWA PADA PELAYANAN PROGRAM STUDI PPKn FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS AL-ASYARIAH MANDAR

asti purnawati nengsi, Sukadji i Sarb, Abdul Latif

Abstract


 Analisis kepuasan mahasiswa dalam melayani kurikulum PPKN di Fakultas Diklat Universitas Al Asyariah Mandar oleh Sukadji Sarbi dan Abdul Latief Berdasarkan pendekatan, jenis penelitian penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu data tidak langsung dalam bentuk numerik tetapi konseptual atau abstrak halaman data yang digunakan sebagai alat analisis adalah data yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan siswa, siswa mengikuti program PPKN. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendidikan Universitas Mandar sangat beragam, mungkin karena kepuasan mahasiswa selalu dalam bentuk imajinasi yang tidak terlatih, tetapi pada dasarnya kepuasan mahasiswa adalah karena hasil yang baik juga harus membentuk perasaan yang baik. Hal ini peneliti ketahui melalui hasil wawancara peneliti dengan mahasiswa dari prodi PPKn, dimana sekitar mahasiswa berpendapat bahwa pelayanan program PPKn kurang baik karena adanya beberapa hambatan hambatan. Sedangkan tanggapan dari 4.444 mahasiswa lainnya juga mengatakan bahwa tingkat kepuasan pelayanan terhadap program PPKn cukup baik, sehingga peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini cukup memuaskan.

 


Keywords


Analisis, Kepuasan Siswa, Layanan Kurikulum PPKn

Full Text:

PDF

References


Abdul Latief dan Dermawan, 2020. Evaluasi kinerja badan permusyawaratan desa ulumambi dalam menjalankan tugas dan wewenangnya di era otonomi daera

Arikunto, Suhaarsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Ranika Cipta

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif

Muhammad Joko Triono,”(Kepuasan Mahamahasiswa Terhadap Pelayanan Administrai Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songon Semarang)” IAIN Walisongo Semarang 2012.

Naryawan,” (Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiawa Pengguna Jasa Perpustakaan Referensi FE UNDIP)”, Universitas Diponegoro Semarang 2012. PMetodelogiResearch, (Yogyakarta: Sumbangsih,1975) h. 2.

Peraturan Dikti No. 12 Tahun 2012 menetapkan bahwa pendidikan berkelanjutan adalah pendidikan pasca sarjana.

Sukanti, Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D, ALAFBETA, (1-2009)

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ujang Jamaluddin, Damanhuri, Deny Setiawan, dan Raharji: Book Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, l, No. 13, Desember 2014M.

Utami, A. S. (2013). Peran orang tua dalam meningkatjan kemapuan komunikasi anak melalui metode bercakap-cakap pada keluarga anak usia dini di wilayah Rw 10 cianjur (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3318

Article Metrics

Abstract views : 50 times | PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.