Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII MTs DDI Lombo’na karena peserta didik kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh guru, sehingga peserta didik terasa jenuh untuk belajar. Sehingga peneliti mengadakan penelitian di MTs DDI Lombo’na dengan menggunakan model pembelajaran project based learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas 4 tahap yakni Perencanaan (planning), Tindakan (Action), Observasi dan evaluasi (Observation and Evaluation), Serta Reflaksi (Reflection). Dimana Siklus I dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dilihat dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 61,90 menjadi 69,60 pada siklus II dan standar deviasi peserta didik pada siklus I adalah 8,02 menjadi 7,55 pada siklus II, sedangkan peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 5 orang atau 33,33% meningkat disiklus II sebanyak 13 orang atau 86,67%. Sedangkan pada lembar observasi aktivitas peserta didik rata –rata mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil peserta didik dalam belajar matematika baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajar project based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs DDI Lombo’na.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung; Alfabeta
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, Suharsimi.2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ali P, Muhammad. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Pustaka Ramadan
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Herryanto, Narr & Hamid, Akib 2007. Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka
Tiro, Arif, M 2011. Cara Efektif BelajarMatematika. Makassar: Andira Publisher
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Kontuktifisme. Jakarta: Prestasi pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.333
Article Metrics
Abstract views : 158 times | PDF - 73 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.