Efektivitas Kerja Sama Antara Sekolah Dan Orang Tua Siswa Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN Satap Pombuttu Kecamatan Campalagian

Muhammad Nadir, Hasanuddin Lauda, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Eksplorasi ini berarti; mengetahui bagaimana jalannya upaya koordinasi yang layak antara pendidik dan wali dalam mengerjakan hakikat diklat di SMPN Satap Pombuttu, Kecamatan Campalagian. Pemeriksaan ini bersifat subjektif. Aset dasar orang dalam penelitian ini adalah wali dari 31 siswa SMPN Sata Pombuttu. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan terdiri dari persepsi lapangan dan pertemuan. Pemeriksaan informasi melalui tayangan informasi, pengurangan informasi dan pemeriksaan/penetapan informasi. Hasil eksplorasi menunjukkan; (1) partisipasi antara sekolah dan wali dalam mengerjakan sifat pelatihan melalui pengembangan karakter terkendali dan proses korespondensi. (2) Ada beberapa kendala selama waktu yang dihabiskan untuk partisipasi antara sekolah dan wali, lebih tepatnya pendidik merasa bahwa wali siswa kurang mahir dalam pergi dengan anak-anak untuk belajar di rumah dan kemudian instruktur merasa kesulitan untuk mengisinya. jurnal. (3) jenis partisipasi diketahui melalui pertemuan standar menjelang akhir semester untuk menyampaikan hasil belajar siswa dan peningkatan karakter siswa kepada wali..

 

 


Keywords


Kerja sama sekolah; orang tua

Full Text:

PDF

References


Coleman, M. (2013). Empowering Family-Teacher Partnership Building Connection within Diverse Communities. Los Angeles: Sage publications.

Hasbullah. (2011). Dasar-Dasar Imu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Karwati dan Priansa. (2014). Manajemen Kelas.Bandung.Alfabeta

Kusyairy, U. (2014). Psikologi Belajar: Panduan Praktis untuk Memahami Psikologi dalam Pembelajaran. Gowa: Alauddin University Press.

Putra. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Soyomukti, Nurani. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis,Hingga Postmodern. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Pararaton ( Group Elmatera).

Yanti, M. M., & Rivaie, W. (2013). Kerja sama Guru Dan Orang Tua Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMA Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.3338

Article Metrics

Abstract views : 60 times | PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.