PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI TUBBI
Abstract
Model Pembelajaran Scaffolding yang tidak terstruktur, sehingga Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit berakibat pada rendahnya hasilabelajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperime,yang bertujuan untuk melihat Pengaruh ModelmPembelajaran Scaffoldingmterhadap Kemampuan PemecahanmMasalah Pesertaddidik Kelas VII SMPnNegeri Tubbi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Tubbi. Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi barat. Dengan populasi siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas paralel dan sampelnya dipilih 2 kelas dengan cara random yaitu kelas VIIa dan kelas VIIb. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan untuk tiap kelas eksperimen dan dua kali pertemuan untuk tes hasil belajar .Dari hasil Penelitian menunjukan bahwa : rata rata hasil belajar pre test yang menerapkan Model Pembelajaran Scaffolding adalah 30, 63 dengan standar deviasi 14,797. Skor maksimumnya adalah 60 dan skor minimumnya adalah 10. Sedangkan pada post test rata-ratasskor tes hasilbbelajar adalah 65,78 dengannstandar deviasia13,020. Skor maksimum nya 85 dan skor minimumnya 40. Setelah diajarkan pokok bahasan segi empat termasuk criteria tidak tuntas karna tidak mencapai kentuntasan secara klasikal. Sedangkan hasil belajar matematika siswa melalui Pembelajaran langsung pada pre test dengan rata-rata skor 29,66, standar deviasi 14,99, skor maksimumnya adlah 50 dan minimumnya 10. Padapost test di peroleh rata-rata 74,14 dengan standar deviasi 11,334, skor maksimumnya 95 dan minimumnya 45, setelah di ajarkan pokok bahasan segi empat termasuk kriteria tuntas. Dari hasil analisis data terdapatpperbedaan secara signifikan antaraTtingkat hasilbbelajar matematika siswa terhadap ModelpPembelajaran Scaffolding dan Pembelajaran langsung. Secara umum Model Pembelajaran Scaffolding lebih baik dalam hal meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan Pembelajaran langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R. (2014). Penyelesaian masalah matematika pada tipe kepribadian phlegmatis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).
ARVINDA, M. N. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCAFFOLDING DENGAN MODULAR OBJECT ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) PADA MATERI MOMENTUM IMPULS DAN GETARAN HARMONIS KELAS X SMA/MA.
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Fatimah, F. (2016).Pengaruh Pembelajan Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 43-50
Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10279-10295.
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills : Edisi Revisi. Tangerang : Tira Smart
SARBINI & LINA, N. (2011). STRATEGI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ADH-DHUHAA GENTAN BAKI SUKOHARJO (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).
Situmorang, A. S. (2016). Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas HKBP Nommensen TA 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan Fkip-Uhn, 3(1), 15.
Subakti, Y. (2010). Paradigma pembelajaran sejarah berbasis konstruktivisme. Jurnal SPPS, 24(1), 31-53.
Sukmawati, C., Suliyanthini, D., & Doriza, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Teknologi Menjahit Sebagai Scaffolding Penguasaan Pengetahuan Konseptual. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(1), 185-192.
Supiarmo, M. G., Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi, T. (2021). Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368-382.
Syah, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3354
Article Metrics
Abstract views : 168 times | PDF - 116 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.