PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MANDING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs DDI Manding yang berjumlah 40 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VII A MTs DDI Manding yang berjumlah 20 orang. Instrument penelitian menggunakan Angket untuk variabel minat dan motivasi tes hasil belajar untuk variabel Hasil belajar matematika. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata rata pada instrumen minat yaitu sebesar 49,15,motivasi sebesar 49,05 dan hasil belajar matematika sebesar 82,13.Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis pertama dipeoleh nilai sig sebesar 0,035 lebih kecil daripada 0,05 dan t hitung sebesar 2,294 lebih besar dari t tabel, sedangkan pada hipotesis kedua diperoleh nilai sig sebesar 0,049 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 2,121 lebih besar dari 2,110 t tabel . Pada uji hipotesis ketiga diperoleh nilai sig sebesar 0,01 lebih kecil dari 0,05 dan F hitung 10,442 lebih besar dari 2.110 f tabel .Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar baik secara partial maupun stimulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani. (2014). Psikologi dan pendidikan. Seri: Unnes Press.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).
Lomu, L., & Widodo, S.A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Mardian, M., Assaibin, M., & Rahayu, A. (2022, Mei). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Budong-Budong. Yn Jurnal Peqguruang: Seri Konferensi (Vol. 4, No. 1, S. 310-316).
Mustari, M., & Rahman, M.T. (2014). Manajemen pendidikan.
Nurhidayah, N. (2018). Pembelajaran berbasis masalah Penggunaan guru matematika dalam hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa. PEDAMATH Jurnal Matematika Pedagogis, 1 (1), 17-25.
Rahma, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Sirait, E.D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Usul. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif 5. Bandung:
Abjad Ul'fah Hernaeny, M.P. (2021). POPULASI DAN SAMPEL. Pengantar Statistik 1, 33.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3397
Article Metrics
Abstract views : 51 times | PDF - 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.