Sistem Informasi Pelelangan Ikan Berbasis Web Pada Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Kabupaten Polewali Mandar

Akhmad Qashlim, Syarli Syarli, Ainun Mutia Hasanuddin

Abstract


Penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini berkembang pesat. Perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi dapat dilihat dari adanya media komunikasi yang digunakan untuk kegiatan pertukaran informasi. Salah satu media komunikasi yang tersedia adalah penggunaan komunikasi dunia maya yang disebut dengan telepon genggam atau internet. Pemanfaatan teknologi komunikasi dalam pembangunan perikanan membutuhkan kemampuan pengguna teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang  Sistem Informasi Pelelangan Ikan Berbasis Web Pada Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Kabupaten Polewali Mandar. Dengan adanya sistem informasi ini tentunya akan mempermudah kegiatan yang ada pada tempat pelelangan ikan. yang memudahkan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk menghasilkan laporan dan memberikan informasi yang mudah diakses oleh Tempat Pelelangan Ikan (TPI) terkait dan pengguna lainnya.memudahkan mereka yang membutuhkan data. Memudahkan masyarakat umum untuk mengikuti proses lelang meskipun tidak ada di tempat lelang.


Keywords


Pelelangan Ikan, Informasi Tpi, Web

Full Text:

PDF

References


AYU NIRMALA LUTFI SYARIEF, A. N. L. S. et al. Pemahaman dan Persepsi Penyuluh Perikanan Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyuluhan di Kota Bandar Lampung. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, v. 9, n. 1, p. 53-62, 2021.

AGUSTIN, RISTIFA et al. STUDI JENIS-JENIS IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) KARANGSONG KABUPATEN INDRAMAYU. 2017. Tese de Doutorado. FKIP Unpas.

AMALIA, Nurul; SUNINTAN, Haning Dwi; BUDIJANTO, Hari Agung. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELELANGAN IKAN SECARA TERPUSAT DI KABUPATEN BATANG. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, v. 5, n. 1, p. 63-71, 2020.

ADAM, Stenly Ibrahim. Aplikasi Pelelangan Ikan Online (E-Lelang) Berbasis Mobile. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), v. 9, n. 2, p. 173-177, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3474

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter