Implementasi Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar

rudi rudi, Abdul Khalik, Muhammad Massyat.

Abstract


Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Program Pamsimas di Desa Kuajang dan faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat Implementasi Pamsimas di Desa Kuajang Kecamatan Binuang .Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Pamsimas di Desa Kuajang.Adapun metode yang digunakan Jenis Penelitian yaitu Penelitian Kualitatif lokasi dan waktu penelitian dilakukan di desa kuajang kecamatan Binuang kabupaten polewali mandar Instrumen Penelitian yaitu metode kualitatif merupakan  instrumen yang utama dalam upaya mengumpulkan  data dan membuat pedoman Observasi dan pedoman wawancara Informan Penelitian sebagai sumber informasi Teknik pengumpulan data yaitu wawancara ,observasi,dokumentasi,Teknik analisis data yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data kemudian menarik kesimpulan kedua implementasi Program Pamsimas berbasis masyarakat dan masyarakat sendiri diharapkan sangat berperan aktif karena berbasis masyarakat yang berarti masyarakat yang memiliki peran besar dalam program pamsimas mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan.faktor pendukung dan faktor Penghambat yaitu:(1) Faktor Penghambat kurangnya kesadaran masyarakat akan tugas dan tanggung jawabnya (2) Faktor Pendukung adalah komunikasi sangat menentukan bagaimana keberlangsungan program pamsimas kedepan sumber daya sikap masyarakat kepada program Pamsimas juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pamsimas struktur birokrasi pelaksana pamsimas telah professional.


Keywords


Implementasi;Program Pamsimas;

Full Text:

PDF

References


Winarno , Budi ,2012 .Kebijakan Publik Teori , Proses dan Studi Kasus .Jakarta : PT Pustaka LP3ES Indonesia

Dalam Buku Tangkilisan . 2003 .Implementasi Kebijakan PublikEdward , George III .1980 .Implementing Public PolicyEdward , George III

KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V

Sugiyono,2014.Metode penelitian Kualitatif Alfabeta Bandung.

Asep Saepulloh , Mohammad Adeyadi. (2019). Jurnal Manajemen Teknik Informatika, 03, 102-110.

Moh. Muafi.Bin Thohir , Syamsul Hadi HM. (2020). Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Kegiatan Dakwah untuk Memperbaiki Diri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lumajang, 6, 163-176.

Ni Ketut Sudianing , Ketut Agus Seputra. (2019). Peran Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Dalam Menunjang Peningkatan Kualitas Perencanaan Pembangunan Daerah, 11, 113-133.

Rom Ubaidillah Muhammad , Sukirno. (2019). Implementasi Prinsip Educational Role Di Perpusataan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada Berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries , 2-12.

Laporan Ahkir Uwai Kaili hal 7 2021

undang – undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang otonomi daerah

Menurut Nurdin Usman (2019) Tentang defenisi implementasi

Nabila, N., Hannan, M., & Syaeba, M. (2020). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Kelurahan Lantora Kabupaten Polewali Mandar. Journal Peqguruang, 2(2), 361-365.

Arfiah, A., Patmawati, P., & Afriani, A. (2021). Gambaran Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Desa Padang Timur Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 113-135.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.3515

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter