Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Poli Umum Puskesmas Pelitakan Kec.Tapango Kab.Polewali Mandar

Fanny Dwi Irmala Ali, Urwatil Wusqa Abidin, Muh. Said Mukharrim

Abstract


Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang dihasilkan dari pelayanan yang diterima setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakannya.Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas pelitakan, dengan jenis penelitian kuantitatif yang mengunakan pendekatan deskriptif dengan teknik Accidental Sampling dengan diperoleh sampel sampel sebanyak 272 responden. Gambaran kepuasan ini diukur menggunakan kuesioner.Hasil penelitian ini dengan uji analisis univariat, diperoleh gambaran kepuasan pasien dilihat dari empat kategori Kompetensi Teknis, Efisiensi, Kontinuitas, dan Kenyamanan maka gambaran puas sebanyak 240 atau 88,2% dan tidak puas sebanyak 32 atau 11,8%.

Keywords


gambaran kepuasan, pelayanan, puskesmas

Full Text:

PDF

References


Aritonang R, L. 2012. Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Emiliana, 2013. Peningkatan Mutu Pelayanan. Bandung: Citra Nusantara.

Bustami, 2012. Penjaminan mutu pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya. Padang:Erlangga

H.A.S Moenir. 2013 Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kelmanutu, Levina S 2013"Gambaran Tentang Dimensi Mutu Pelayanan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara"Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar”,

Nasution, M.N, 2012 Manajemen mutu terpadu (Total quality management), jakarta,.

Pohan. 2012. Jaminan Mutu Layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Purnamasari, N. D. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Di Poli Umum Puskesmas Pasangkayu 2 Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju utara. 20(1), 6.

Wijono, S. 2015. Psikologi Indrustri dan Organisasi: Dalam Suatu BidangGerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta; Kencana.

Mukharim.M.S., 2021. P4K sebagai program penanggulangan angka kematian ibu. Jurnal Ilmiah. Vol.4(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3571

Article Metrics

Abstract views : 327 times | PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter