PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI GENIUS LERANING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI TUBBI

amrullah amrullah, febryanti febryanti, Herlina Ahmad, abdul latif, Syamsuddin Syamsuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan peneitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri Tubbi Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Dikatakan penelitian eksperimen karna penelitian ini menggunakan kelompok pembanding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  Pengaruh Strategi Genius Learning Terhada Hasil belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri Tubbi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang hanya berjumlah dua kelas. Kelas VIII A merupakan kelas eksperimen yang berjumlah 15 orang dan kelas VIII B merupakan kelas kontrol yang berjumlah 15 orang peserta didik. Tahap awal dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pretest kepada dua kelas yang menjadi sampel, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian tahap kedua dilakukan pembelajaran sebanyak 3 kali pertemuan dikelas kontrol menggunakan metode konvensional sedangkan dikelas eksperimen menggunakan Strategi Genius Learning . Tahap ketiga dilakukan posttest dengan memberikan soal. Kemudian setelah penganmbilan hasil dilakukanlah pengujian analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil yang diicapai dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata – rata peningkatan nilai kelas kontrol yang memiliki selisih jauh berbeda yakni , 59,33 untuk kelas kontrol sedangkan 70,00 untuk kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Genius Learning lebih efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Tubbi.


Keywords


Pengaruh, Pembelajaran, Strategi Genius Leraning , Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1,608–617. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202

Anita, R. P. (2013). Pengaruh Penerapan Genius Learning Strategy terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Aprilia, Indri. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem Di Kelas VII Semester II MTSN 1 Model Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Diss. IAIN Palangka Raya, 2015.

Hamalik,Oemar. Proses Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Gra-findo Persada.

Inganah, S., Cholily, Y. M., Taufik, M., & Ummah, S. K. (2018). Peningkatan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di MAN I Malang. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 151–159. Doi: 10.22219/Jinop.V4i2.5003.

Gunawan, A. W. (2013). Born to be a Genius. Gramedia Pustaka Utama.

Kompri, (2017) Manajemen Pendidikan Berbasis Teori dan Praktek

Prasetyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 3(2), 111–117

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3585

Article Metrics

Abstract views : 28 times | PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.