MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS VII A MTS DDI PARIANGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kegiatan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa di MTs DDI Pariangan. Kemampuan penalaran matematika meliputi 6 indikator yaitu (1) Mengajukan dugaan, (2) Melakukan manipulasi matematika, (3) Menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan, atau bukti terhadap kebenaran solusi, (4) Menarik kesimpulan dari pernyataan, (5) Memeriksa kesahihan suatu argumen, (6) Menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan tes kemampuan penalaran matematika juga secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran materi himpunan siklus I diperoleh 66,66%, pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh 92,85%. Berdasarkan hasil di analisis data kualitatif pada lembar observasi aktifitas siswa pembelajaran materi himpunan pada siklus I diperoleh 57,13% dan pada siklis II diperoleh 85,71%. Berdasarkan hasil yang sudah analisis data kualitatif bisa disimpulkan bahwasanya model pelajaran langsung bisa mengembangkan kemampuan penalaran matematika siswa VII A MTs DDI Pariangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauti Subhan (2013) Komponen Penelitian Tindakan.
S Syaifuddin - Borneo: Journal of islamic
Studies, 2021 - journal.iaisambas.ac.id
Giantara, (2020) Kemampuan guru matematika mempertahankan subtansi materi melalui proses pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2020 -j-cup.org
Nurhayati E, (2017) Deskripsi kemampuan penalaran matematika siswa ditinjau dari gaya belajar dan gender. Journal of Mathematics Education
R Yulianto (2016) Penerapan model pembelajaran langsung pada pembelajaran Fisika siswa kelas VII SMP Negri 6 Lubuklinggau. Mahasiswa.mipasstkipllg.com> repository > JURNAL RUDY
Sanjaya, 2011:24 Penerapan metode role playing berbantuan media hand puppet untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak. PE Gunawan, IM Suara...-Jurnal Pendidikan Anak..., 2016 - ejournal.undiksha.ac.id
Sofiah (2010) Pengaruh model pengajaran Langsung (Direct intruction) Terhadap hasil belajar siswa (Skripsi)
Suharsimi arikunto, (2010:3) Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI sub materi zuhud & tawakal: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas B. QA Fauziah - 2017 - uinsgd.ac.id
Usniati, M. (2011). Meningkat kemampuan penalaran matematika melalui pendekatan pemecahan masalah. Skripsi Jurusan Matematika UIN Syarif Hidayatulloh. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011
Zahrani (2014) ( Kontestual direct inrtuction dalam pembelajaran sains. Lantanida Journal.Vol 2, No.1. Tersedia di https://jurnal.ar-raniry.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3587
Article Metrics
Abstract views : 193 times | PDF - 95 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.