Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Penerimaan Bantuan Iuran (PBI) DI Puskesmas Tubbi Taramanu

Eva Wandra, Rahmi Permatasari, Yuliani Soerachmad

Abstract


Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan di puskemas Tubbi Taramanu. Kemudian peneitian bertujuan Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan berdasarkan aspek bukti fisik (tangible). Dan untuk mengetahui hubungan anatara kepuasan pasien rawat jalan peserta penerima bantuan iuran (PBI) terhadap pelayanan kesehatan berdasarkan aspek perhatian (emphaty).
Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian deskriptif non alitik pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling yaitu 76 responden. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara.
Hasil Penelitian adalah populasi sebanyak 311, dan jumlah sampel sebanyak 76 responden menggambarkan berdasarkan aspek tangible puas sebanyak 60 (78.9%) tidak puasa sebanyak 16 sama dengan (21.1%), Reliability puas sebanyak 65 (85.5%) tidak puas 11 (14.5%), Responsivenes puas 55 (72.4%) tidak puas 21 (27.6%), Assurance puas 50 (65.8) tidak puas 26 (34.2%), Emphaty puas 59 (77.6%) tidak puas 17 (22.4%)
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Rawat Jalan, BPJS Kesehatan, Puskesmas Tubbi Taramanu


Keywords


Kepuasan pasien, rawat jalan, BPJS kesehatan, puskesmas tubbi Taramanu

Full Text:

PDF

References


Lontaan, Marselia. (2014) Kualitas Pelayanan Publik di RSUP.Prof.Dr.R.D Kandou Malalayang Manado.

Notoadmojo.(2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pohan, I. S (2007).Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Pramono.(2008). Analysis Keterampilan Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU. H. Sahudin Kutacane.

Solihat.E. (2013).Kepuasan Pasien dan Pelayanan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Pelni Jakarta.

Suaib, (2015).Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kabupaten Luwu.FKM Universitas

Hassanudin.http://repository.unhas.ac.id, diakses sejak tanggal 12 Oktober 2016.

Sugiyono (2014).Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan r & d. Bandung; Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3595

Article Metrics

Abstract views : 173 times | PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.