Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan Teorema pythagoras melalui penerapan model pembelajaran cettar membahana pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tandukkalua

Hesli Hesli, Herlina Ahmad, Ahmad Syah

Abstract


Pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Tandukkalua, yang terdiri dari 20 siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras. Metode observasi dan tes hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, rumus data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran cettar membahana memperoleh nilai yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cettar membahana pada teori pythagoras mampunmeningkatkan motivasi belajar di siklus I dan siklus II, dengan nilai rata-rata 85,78 persen kategori tinggi. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teorema pythagoras dengan model pembelajaran cettar membhana akan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana p

Keywords


Cettar Membahana, Teorema Pythagoras, Matematika

Full Text:

PDF

References


BIantoro, R. N. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan).

DIAHRATRI, K. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN (Doctoral Dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Fitri, N. F. (2016). Pembentukan Kualitas Belajar IPA Di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

GINTING, S. (2019). PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS V SD NEGERI 101802 NAMO RAMBE TA 2018/2019 (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS Quality).

Karo, E. B. (2019). Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 040576 Tigabinanga Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

La Nani, K., Hamid, H., & Saidi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Cettar Membahana Dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Statistis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Statistika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 220-234.

Nafi'ah, L. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas V Mi Bilingual Al-Islam Sukomoro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(1).

Pinayungan, M. S., Ritonga, M. N., & Lubis, R. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di Lingkungan I Kelurahan Pasar Batu Gerigis Kecamatan Barus. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 53-60.

Syah, A., Fatima, F., & Assaibin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cettar Membahana dalam Menumbuhkembangkan Kemampuan Literasi, Numerasi dan Karakter Malaqbiq Siswa SMP. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4148

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter