PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MEDIA APLIKASI ADOBE PREMIERE DAN BANDICAM PADA SISWA KELAS X SMK MEGA LINK MAJENE

Herlina Ahmad, Miftahul Jannah, Nurdefi Nurdefi, Abdul Latief, Syamsuddin Syamsuddin

Abstract


Observasi ini adalah obsevasi tindakan kelas yang dilaksanakan bagi siswa kelas X SMK Mega Link Majene dengan jumlah siswa 19 siswa.Tujuan dari observasi ini untuk mengubah hasil belajar siswa di smk Mega Link Majene. Hasil belajar siswa meliputi tiga indikator yaitu Kemampuan Pemecahan masalah matematika yang memenuhi KKM 70, dengan ketuntasan secara klasikal nya mencapai 80%, keberhasilan aktivitas peserta didik dan keberhasilan keterlaksanaan pmbelajaran. Instrument penelitian ini terdiri atas: (1) lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran kegiatan peserta didik, (2) lembar kegiatan siswa, (3) tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan pertimbangan. Dari hasil analisis data pembelajaran yang menggunakan Media Aplikasi adobe premiere dan bandicam, pada tes hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I hanya mencapai 31,58% serta pada siklus II meningkat menjadi 84,22%. Oleh karena itu dari hasil observasi dan pembahasan bisa diberi kesimpulan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui media Aplikasi Adobe Premiere dan Bandicam pada kelas XI SMK Mega Link Majene bisa memberi peningkatan terhadap Kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa.

 


Keywords


Adobe Premire,Bandicam, Kemampuan Pemecahan Masalah, peningkatan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Latif, A., & Al Yakin, A. (2021). Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Fatmawati, E., & Sulistiyawati, R. S. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan

Gusmania, Y., & Dari, T. W. 2018. Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.

Herayanti, L., Safitri, B. R., Sukroyanti, B. A., & Putrayadi, W. 2019. Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru-guru di sdn 1 ubung dengan memanfaatkan bandicam. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Ghalia Indonesia

Kamarullah, K. 2017. Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika,

Puskur, B. (2004). Depdiknas.(2003). Kurikulum hasil belajar. Rumpun pelajaran Kesenian.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Professionalism Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saadah, I. D. 2018. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan Adobe After Effect (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sukardi. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasidan Pengembangannya.Ed. Fandy Hutari. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. 2022. Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing.

Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2019) PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika.

Syamsuddin, H. A., & Ahmad, H. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoEnzo untuk Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Siswa SMK Mega Link Majene. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 115-124.

Triyatno, UPY and John Sabari, UPY (2015). Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPS dengan model pembelajaran cooperative number head together (NHT). In: seminar nasional universitas PGRI Yogyakarta 2015.

Zaini, M. S., & Nugraha, J. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4152

Article Metrics

Abstract views : 37 times | PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.