EXPERT SYSTEM APPLICATION FOR DIAGNOSING LEARNING DIFFICULTIES USING THE FORWARD CHAINING METHOD

Arbainah Arbainah, Muhammad SARJAN, SALMAWATI SALMAWATI

Abstract


Kesulitan belajar adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan atau hambatan dalam memahami, mengingat, memproses, dan menggunakan informasi yang diperoleh dari proses belajar. Kesulitan belajar dapat terjadi pada berbagai tingkat pendidikan dan dapat berkaitan dengan berbagai faktor, seperti faktor psikologis, faktor lingkungan, faktor pendidikan, dan lain sebagainya. Dalam dunia pendidikan, kesulitan belajar dapat menghambat kemampuan siswa untuk menguasai materi pelajaran dan meraih prestasi akademik yang optimal. Oleh karena itu, diagnosa dan pengatasi kesulitan belajar perlu dilakukan untuk membantu siswa mengatasi hambatan yang dialaminya dalam proses belajar.Pengujian dilakukan dengan menguji sejumlah kasus di mana hasilnya menunjukkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan dapat membantu proses diagnosa kesulitan belajar dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Selain itu, sistem pakar ini juga dapat membantu guru dalam memberikan rekomendasi terkait dengan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.

 


Keywords


Sistem Pakar; Kesulitan Belajar; Forward Chaining; Android

Full Text:

PDF

References


Armstrong. Yohanes. Siregar dan Novi. Wulandari. (2018) Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Backward Dan Forward Chaining Pada Slb Cahaya Pertiwi di Bekasi, Jurnal Ilmu Komputer JIK Vol. I No. 01

Atieka, N. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Seminar Nasional Pendidikan. (hlm. 1-2)

Dermawan, J., & Hartini, S. (2017). Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Perhitungan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. Paradigma. (Vol. 19, No. 2, hlm. 2)

E. B. Sambani., Yoga. H. A. dan Nova. S. T., (2020) Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gangguan Mental Pada Anak Menggunakan Metode Certainty Factor Dan Forward Chaining Berbasis Web, Jurnal VOICE of Informatics, Vol 9 . No. 2 E-ISSN : 2579- 3489

Faizal, M., & Putri, S. L. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara Viii Tambaksari). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. (hlm. 3)

Hartanti, S. & Iswanti, S. (2008). Sistem Pakar Dan Pengembangannya. Yogyakarta; Graha Ilmu (hlm. 2)

Mara Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal TEKNOINFO. (Vol. 11, No. 2, hlm. 3)

Permana, Y., Wijaya, I. G. P. S., & Bimantoro, F. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Mata Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android. J-Cosine. (Vol. 1, No. 1, hlm. 2)

Rachman, R. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pakar Bimbingan Konseling Siswa SMA. Jurnal Kajian Ilmiah. (Vol. 19, No. 1, hlm. 2)

Riyan. Naufal. H. dkk, (2019) Expert System for Predicting Children Mental Retardation using Forward Chaining, ICONISTECH-1 2019, July 11-12, Bandung, Indonesia Copyright © 2020 EAI DOI 10.4108/eai.11-7- 2019.2298027

Rozaq, A., Hardinto, R. K., Annurrahman., & Susanti, D. (2018). Sistem Informasi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. (Vol. 4, No. 1, hlm. 1-3)




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4176

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter