hubungan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan di desa salumokanan kecamatan rantebulahan timur kabupaten mamasa

Andi Liliandriani, Sitti Sohorah, Puri Anggriani

Abstract


Imunisasi merupakan bagian penting dari kesehatan masyarakat sebagai pencegahan primer yaitu segala upaya pencegahan penyakit atau kejadian yang dapat menimbulkan sakit atau luka dan kecacatan, memperagakan gizi dengan sanitasi lingkungan yang baik, perlindungan terhadap segala macam luka dan keracunan serta imunisasi terhadap penyakit. Permasalahan yang ditemukan adalah apakah ada hubungan antara pengetahuan ibu dan dukungan keluarga terhadap ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan di Desa Salumokanan Kecamatan Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan observasional melalui pendekatan cross sectional. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan dengan p-value = 0.000 dan juga ada hubungan antara dukungan keluarga dengan ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan dengan p-value = 0.000. Kesimpulannya ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dan dukungan keluarga denga ketidaklengkapan imunisasi dasar pada bayi umur 0-12 bulan. Karena itu disarankan agar pemerintah dan tenaga kesehatan untuk bekerja sama dalam memberi lebih banyak lagi informasi-informasi tentang pentingnya imunisasi dasar pada anak melalui penyuluhan.


Keywords


pengetahuan ibu; dukungan keluarga; ketidaklengkapan imunisasi;

Full Text:

PDF

References


Gingle. (2019). Determinants of complete immunization among senegalese children aged 12 – 23 months : evidence from the demographic and health survey, 1–9.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Nuneik, S.W., & Selly O. (2019). Hubungan pengetahuan ibu dengan Pemberian Imunisasi Dasar pada Bayi (0-1 Tahun). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon.Cirebon: Journal of public health.

Rizky, W. A. (2021). Hubungan Antara dukungan keluarga Tentang Imunisasi Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Bayi Usia 0-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Junrejo Kota Batu. http://repository.uinsu.ac.id/13096/1

Nelvianti, I. S. (2020). Hubungan Pemberian Imunisasi Dasar Dengan Dukungan Keluarga Pada Bayi (0 – 1 Tahun)Di Puskesmaskembes Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3787/1.

Sari & nadjib. (2019). Evaluation of immunization coverage and its associated factors among children 12 – 23 months of age in Techiman Municipality , 1–10

Ranuh. (2018). Socio-economi and demographic determinants of full immunization among childen of 12-13 months in Afghanistan, 179-188. https://journal.fkm.ui.ac.id/jurnal-eki/article/view/3087.

WHO. (2018). Immunization Coverage. http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/immunization-coverage.

Husn, N. R. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Bayi Usia 0-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Junrejo Kota Batu. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/38913.

Liliandriani, A. (2020). Gambaran tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang keteraturan imunisasi dasar. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/1972, Vol 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4180

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter