ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEPUNG SAGU (STUDI KASUS PUSAT PELATIHAN PERTANIAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) CAHAYA DUTA PALILI) DI DESA BUNGA-BUNGA KECAMATAN MATAKALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Muhammad Arman Yamin Pagala, Hasanuddin Kandatong, Siti Nurasiyah

Abstract


Tanaman Sagu adalah tanaman yang sudah lama dibudidayakan dan berperan penting sebagai makanan pokok disebagian penduduk Asia Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab konsumen tepung sagu ingin membeli tepung sagu yang dilihat berdasarkan rasa, warna dan kemasan yang terdapat pada produk tepung sagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling acak (random sampling). Jumlah responden yakni 30 responden yang merupakan konsumen dari tepung sagu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung terhadap responden menggunakan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari buku atau jurnal. Dari hasil penelitian konsumen tepung sagu menunjukkan bahwa tingkat keputusan pembelian konsumen terhadap tepung sagu tertinggi yakni keputusan pembelian berdasarkan warna. 

Keywords


Perilaku Konsumen, Pembelian, Tepung Sagu.

Full Text:

PDF

References


Anjani Anisa Vini Fitria, 2022., Analisis Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Teh Celup, Program Studi Agribisnis, Universitas Duta Bangsa, Surakarta, Indonesia.

Badan Pusat Statistik, (2021). Kabupaten Polewali Mandar diakses di http//:sulbar.bps.go.id

Ernawati Endah, Heliawaty, Pipi Diansari, (2018) “Peranan Makanan Tradisional Berbahan Sagu Sebagai Alternatif Dalam Pemenuhan Gizi Masyarakat(Studi Kasus Desa Laba, Kec. Masamba, Kab. Lutra, Prov. Sulsel)”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian vol. 14 no. 1 31-32.

Irawati, K. (2022). Kontribusi Sagu Dalam Pemenuhan Pangan Pokok Rumah Tangga Di Desa Pancakarsa Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Resmawati, Trianita, Mukid, A.M., & Diah, S. (2013). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Susu Berbasis Analisis Conjoint menggunakan Metode Presentasi Pairwise-Comparison. Jurnal Gaussian. ISSN 2339-2541. 2(4):405-414

Sakiynah, (2013) Pengaruh Pola Konsumsi Sagu Terhadap Kadar Low Density Lipoprotein (LDL) Dan High Density Lipoprotein (HDL) Pada Wanita Usia 35-55 Tahun Kabupaten Luwu Utara.

Sangadji, S., Suhardi., & Ali, C. P, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal: jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 142-157.

Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4182

Article Metrics

Abstract views : 269 times | PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.