Meningkatkan Nilai Karakter Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kahoot Games

Ahmad Syah, Dermawan Dermawan, Muh. Ramlan

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis peningkatan nilai karakter siswa serta peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media pembelajaran kahoot games. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas X MIPA MA Izzatul Ma’arif Tappina, Adapun keberhasilan pada penelitian ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu (1) peningkatan keterlaksanaan peneliti pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 85,33% atau secara kategori sangat baik dan siklus II memperoleh persentase rata-rata 94,67% atau secara kategori sangat baik. (2) peningkatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 75% atau secara kategori aktif dan siklus II memperoleh persentase rata-rata 90% atau secara kategori sangat aktif.

Berdasarkah hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media pembelajaran kahoot games tidak hanya berhasil meningkatkan nilai karakter siswa tapi juga berhasil meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas kelas X MIPA MA Izzatul Ma’arif Tappina.


Keywords


Nilai Karakter, TGT Kahoot Games

Full Text:

PDF

References


Anggi, N. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis Kahoot Peserta Didik Kelas VII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1-8.

Asrori & Rusman (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Isrok’tun & Amelia Rosmala (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nuraeni, N., Assaibin, M., & Syah, A. (2021). Pengaruh Model Calloborative Problem Solving dengan Strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Journal Peqguruang, 3(2), 450-458.

Sahaya, R. (2020). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Sugihwaras. Jurnal Pendidikan Edutama.

Sujadi, I. (2019). Peran pembelajaran matematika pada penguatan nilai karakter bangsa di era revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme, 1(1).

Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan Dan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29-34.

Syah, A., & Alimuddin, A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Jurnal Pendidikan, 15(1).

Zaenal, R. M. (2021). Meningkatkan Numerasi Matematika Melalui Model Pembeljaran Koopertif Teknik Teams Games Tournament (TGT). Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 49-63.

Dianawati, D., Darsono, D., & Handayani, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Aplikasi Kahoot Untuk Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4211

Article Metrics

Abstract views : 170 times | PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.