Strategi Pemasaran Produk Minuman Melalui Jasa Brand Ambassador dalam Etika Bisnis Islam

Rahmah Muin, Nur Azimah, Nuraimah Suharto

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana strategipemasaran produk minuman melalui jasa brand ambassador 2) bagaimanaperspektif etika bisnis Islam mengenai strategi pemasaran produk minumanmelalui jasa . Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif bertujuan untuk menghasilkan data deskriptifdalam bentuk tulisan seseorang atau kata dan perilaku seseorang yang akanmuncul melalui penelitian ini. Hasil penelitian adalah dengan menggunkanjasa BA dapat memperkenalkan suatu produk dan mempengaruhi suatukomsumen agar tertarik dengan produk tersebut. Dengan cara mempostingdan memperkenalkan produk Obat Haus melalui media sosial dalambentuk foto maupun video. BA menjalankan tugasnya dengan diwajibkanmengunggah mengenai prodok di akun pribadinya dan media sosial resmiObat Haus. Selama penggunaan jasa BA, Obat Haus mendapat keuntungandan dampak positif seperti jumlah followers sosial media bertambah, lebihdikenal oleh masyarakat, percaya diri dalam memperkenalkan produk di sosial media dan pemasukan yang mengalami kenaikan walaupun tidaksignifikan. Dalam perspektif etika bisnis Islam yaitu yang perludiperhatikan dalam memasarkan produk minuman adalah menjunjungtinggi kejujuran. Mereka diwajibkan untuk berperilaku jujur, baik disetiapperkataan atau perbuatannya, menghindari kecurangan dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya.

Keywords


Strategi Pemasaran, Jasa Brand Ambassador, Etika Bisnis Islam

Full Text:

PDF

References


Fauzi, I. (2021). Tinjauan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Terhadap Pertunjukan artis Sebagai Brand Ambassador pada Produk Zoya Fashion Cabang Penjualan Sulanjana Kota Bandung. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 7.

firmansyah, D. W. (2019). Bagaimana Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial Melalui Brand Ambassador pada Cekekinia. Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 7, 1.

Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam. Ekonomika dan Bisnis Islam, 5.

Ma'arufannisa, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Internasional dalam Meningkatkan Omset Penjualan pada PT. Imdofood CBP Sukses Makmur Tbk,. Administrasi Bisnis, 2.

Misri. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Handphone Oppo. Penggunaan Smartphone di Indonesia, 2.

Misri. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Handphone Oppo . 2.

Rahman, M. (2022). Penerapan Rtika Bisnis Islam pada Pedagang Batik di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan,. Homepage, 2.

Ramadhan, D. G. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Studi Kasus Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador) Erigo,. Proceeding Of Managemen, 9.

RI, K. A. (n.d.). Al Quran.

Sasmita, M. d. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Tehadap Keputusan Pembelian Pada Handphone Oppo. Pengaruh Smartphone di Indonesia, 2.

Theodora, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Merek Minuman Le Mineral Terhadap Minat Beli Konsumen Anak Muda di Wilayah Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Ilmu Komunikasi, 26.

Wahyu, B. (2022). Brand Ambassador dan E-Word of Mouth Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian pada Marketplace Indonesia,. Ilmu Pendidikan Nonformal, 08.

Yulia, M. d. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Handphone Oppo. Pengaruh Smartphone di Indonesia, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4275

Article Metrics

Abstract views : 79 times | PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.