IMPLEMENTASI PROGRAM DESA SIAGA DI DESA BUNTUMALANGKA KECAMATAN BUNTUMALANGKA KABUPATEN MAMASA

Oktovianus MP, Muhammad Massyat, Aco Muhammad Rifai

Abstract


Abstract

 

This research is a qualitative research with a descriptive approach which aims to determine the implementation of the Desa Siaga Program in the village of Buntu Malangka, Kecamatan Buntu Malangka, Kabupaten Mamasa. The data sources in this study were 10 informants. Data collection is done by observing, interviewing, and documentation. The analysis technique used is qualitative data analysis which is a description and interpretation of data obtained in the field from existing informants. The results of the analysis show that 1) The existence of visits made by the puskesmas in Ubuntu Malangka proves that in their health services they are quite alert and always anticipate people who are often affected by illness with evidence of visits made in the community, 2) There is cooperation between the puskesmas and other parties. the Village government, this is evidenced by several visits which are always known by the community, 3) The community is satisfied in terms of treatment because the Sallambun area is a remote area so for them with the Mamasa Health Center they are quite satisfied in an emergency, 4) Resource Mobilization is already good in In terms of placement with the many resources that exist in society today, both from the fields of agriculture, education, and businesses that can make the community self-reliant, this cannot be separated from the role of LPM in making the community aware so that it is more developed and not expecting too much assistance from the government which only moment.

 

Keywords: Program, Desa Siaga, Implementation, Buntumalangka.

 

Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Desa Siaga di Desa buntumalangka kecamatan buntu malangka kabupaten mamasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengopservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yang di gunakan adalah analisa data kualitatif yang merupakan uraian serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari informan yang ada.  Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Adanya kunjungan yang dilakukan oleh puskesmas buntumalangka membuktikan bahwa dalam pelayanan kesehatan  mereka cukup siaga dan selalu antisipasi kepada masyarakat yang sering terkena penyakit dengan bukti kunjungan yang dilakukan di masyarakat, 2) Adanya kerja sama yang dilakukan oleh Pihak puskesmas dan pihak pemerintah Desa hal ini dibuktikan oleh beberapa kunjungan yang selalu diketahui oleh masyarakat, 3) Masyarakat  sudah puas dalam hal berobat sebab daerah salutambun adalah daerah pedalaman sehingga bagi mereka dengan adanya puskesmas mamasa sudah cukup puas dalam keadaan darurat, 4) Mobilisasi Sumber daya sudah baik dalam hal penempatan dengan banyaknya sumber daya yang ada di masyarakat saat ini baik dari bidang pertanian, pendidikan, dan usaha-usaha yang bisa memandirikan masyarakat itu tidak terlepas dari peran LPM dalam menyadarkan masyarakat agar lebih berkembang dan tidak terlalu mengharapkan bantuan-bantuan dari pemerintah yang hanya sesaat.

 

Kata Kunci           : Program, Desa Siaga, Implementasi, Buntumalangka


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abd Khalik, Muhammad Awarih, 2020. Manajemen Birokrasi dalam Pengembangan Karir dan Promosi Jabatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Unasman: Mitzal

Dumaris, M. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG SIAGA BENCANA DALAM BENCANA BANJIR DI DESA KAMPUNG MELAYU KOTA JAKARTA TIMUR (Doctoral Dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Maharani, S. I., Martanti, L. E., & Bahiyatun, B. (2018). Kajian Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Siaga Dalam Rangka Upaya Penurunan Aki Di Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal Kebidanan, 7(15), 10-16.

Masruroh, S. D. (2018). PERAN DAN MOTIVASI KADER DALAM PELAKSANAAN DESA SIAGA AKTIF WONOKROMO SURABAYA ROLE AND MOTIVATION OF CADRES IN ACTIVE ALERT VILLAGE (DESA) WONOKROMO. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal Of Health Promotion And Health Education, 6(2), 129-141

Pranata, D. (2016). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG SIAGA BENCANA DI DESA TANJUNG UNGGAT KECAMATAN BUKIT BESTARI KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2012.

RENDI, S. (2013). IMPLEMENTASI PROGRAM DESA SIAGA DI DESA JERUK KECAMATAN LAKARSANTRI KOTA SURABAYA (Doctoral Dissertation, UPN" Veteran" Jatim)

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia

Utami, Y. (2018). Akuntabilitas Kinerja Perangkat Desa Dalam Pelaksanaan Program Desa Siaga Di Desa Blang Benara Kabupaten Bener Meriah (Doctoral Dissertation)

Wahyuning, S., & Supriyanto, S. (2022). Implementasi Pembentukan Kampung Siaga Candi Hebat Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 Di RT 01 RW 04 Desa Krapyak Kota Semarang. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(4), 1273-1280.

Wardana, T. C. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM DESA SIAGA DI KABUPATEN JEMBER (Kebijakan Desa Siaga Di Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Wijayanti, L. A., & Nurseskasatmata, S. E. (2022). PELAKSANAAN PROGRAM “DESA SIAGA AKTIF” GUNA MENGOPTIMALISASI KEMANDIRIAN MASYARAKAT. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4403

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter