Karakteristik Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Abstract
karakteristik komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak dalam meningkatkan minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, selanjutnya data yang diperoleh berasal dari hasil observasi dilapangan dengan sistem wawancara, dokumentasi dengan para orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua sangat minim berkomunikasi secara interpersonal kepada anak. Anak dengan intensitas komunikasi yang tinggi dengan orang tua akan berbeda dengan anak yang cenderung menutup diri dengan orang tua, termasuk bagaimana anak menerima perintah untuk giat dalam belajar. Orang tua harus pandai memainkan peran tidak hanya memenuhi kebutuhan anak secara eksternal tapi juga kebutuhan anak secara internal seperti kebutuhan untuk didengarkan, kebutuhan pendekatan secara emosional dan kebutuhan kesehatan mental lainnya. Kesimpulan bahwa komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak dalam meningkatkan minat belajar di Desa Mammi, menunjukan beragam pola dan tipe interaksi dalam meningkatkan minat belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aswandy. (2020). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Sikap Sosial Remaja di Desa Marioritanggng Kecamatan Marioriawo Kabupaten Soppeng. IAIN Pare-pare, 17-63.
Humairah, Y. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Orangtua-Anak terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 6 SD pada Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, 22-26.
Kusumastuti, A., & khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Masturi, A., & Utami, A. D. (2018). kecerdasan Komunikasi dan Kesehatan Mental. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung : Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memeditasi Kepentingan PT Bukit Borneo SejahteraDdengan Masyarakat Desa Long Lunak. Ilmu Komunikasi, 239-253.
Safitri, L. K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mingkatakan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Onllne Do SD Negeri 5 Matro Pusat . Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mETRO, 1-5.
Soyomukti, N. (2012). In M. sandra, Pengantar Ilmu komunikasi (pp. 141-153). Depok: Ar Ruzz media.
Wiananda, I. (2020). Peran Komunikasi inerpersonal Orang Tua Dalam Memebangun Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Capang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Sripsi, 1-10.
Yuyun, S. (2022). Benyamin, B., Syaeba, KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP ANAK TENTANG PENDIDIKAN SEKS DI DESA LIMBA DEBATA KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA. Peqgruang, 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4410
Article Metrics
Abstract views : 175 times | PDF - 93 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.