KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DILINGKUNGAN 5 CERBON KECAMATAN WONOMULYO

Munawi Gay, Muhammad Abid, Nurul Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan orang tua terhadap anak dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriktif kualitatif, penelitian berlokasi di Lingkungan 5 Cerbon Kecamatan Wonomulyo. Tehnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian dalam hal merubah pandangan anak untuk lebih disiplin dalam beribadah, kedua orangtua memiliki peran penting dalam mendidik anak, dan peran mereka saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain. Dalam hal memodifikasi persepsi anak dalam melaksanakan ibadah, komunikasi persuasif yang dilakukan secara berulang-ulang dan setiap hari dalam lingkungan keluarga dapat membentuk dan memodifikasi sikap anak terhadap ibadah. Pada aspek membentuk respon (sikap dan perilaku), dengan memadukan bermain dan belajar, orangtua menciptakan kesempatan yang optimal untuk mengajarkan pemahaman tentang pentingnya agama kepada anak. Komunikasi persuasif orang tua terhadap anak dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah anak ialah dalam hal ketepatan waktu, Informan orangtua berupaya untuk memahamkan anak bahwasanya beribadah shalat secara tepat waktu merupakan kewajiban setiap umat islam. Pada aspek tanggung jawab melaksanakan ibadah, orangtua menjadi contoh yang konsisten dalam melaksanakan shalat tepat waktu dan mengaji dengan tekun. Untuk membangkitkan kehendak beribadah shalat dan mengaji pada anak, informan orangtua menggunakan pendekatan yang positif dan memotivasi.


Keywords


Persuasif, Kedisiplinan, beribadah

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata: Tourism Communication Pemasaran Dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Gay, Munawir Dkk. (2019). “Penyaringan Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Di Kantor Tata Ruang Kota Makassar (Studi Komunikasi Organisasi)”. Jurnal Ilmiah Pranata Edu 1 (02)

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis Dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen Dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Khaulani, Fatma Dkk. (2020). “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7 (01)

Kriyantono, R. (2016). Public Relations Writing. Jakarta: Prenadamedia

Mirawati, Ira. (2021). “Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital”. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau 9 (01)

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nida, F. L. K. (2014). “Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa”. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam: At-Tabsyir 2 (2)

Nurhayati. (2017). “Peran Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca AL-Qur’an DI Desa Lamdom Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh “, Seramb Tarbawi: Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam 5 (01)

Putri, P. K. (2016). “Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan Dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian”. Resma 3 (2)

Soemirat, S., & Suryana, A. (2018). Falsafah Dan Konsep-Konsep Dasar Komunikasi Persuasif. SKOM4326/M1

Sukmana, Ukun. (2017). “Peran Rubrik Persib Mania Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Pada Koran Harian Tribun Jabar Bandung”. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan

Akhyar, Wawancara 20 Mei 2023

Arifin Bodi, Wawancara 20 Mei 2023

Burhanuddin, Wawancara 21 Mei 2023

Elly Rahman, Wawancara 20 Mei 2023

Harun, Wawancara 20 Mei 2023

Lukman, Wawancara 20 Mei 2023

Nuraeni, Wawancara 20 Mei 2023

Wahidah, Wawancara 20 Mei 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4412

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter