APLIKASI PEMBELAJARAN SAINS KIMIA PADA SMK BIGEM (BINA GENARI MANDIRI) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)

baharuddin rio, Muhammad Assidiq, syarli syarli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk memvisualisasikan struktur atom dalam mata pelajaran Sains Kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain dan pengembangan sistem dengan memanfaatkan perangkat lunak seperti CorelDraw X4, Vuforia SDK, Unity 3D, Blender, dan audio. Proses pengembangan aplikasi AR melibatkan pembuatan marker struktur atom menggunakan CorelDraw X4, pengenalan dan pelacakan marker menggunakan Vuforia SDK, pembuatan animasi 3D menggunakan Unity 3D dan Blender, serta penggunaan audio untuk meningkatkan minat dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan struktur atom dalam bentuk objek 3D melalui perangkat Android. Aplikasi ini memanfaatkan kamera perangkat Android untuk memanggil dan menampilkan objek 3D berdasarkan marker yang telah dibuat. Penempatan dan pemindaian marker dengan akurat memungkinkan objek 3D ditampilkan dengan tepat. Melalui aplikasi AR ini, siswa dapat belajar struktur atom dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Mereka dapat melihat objek 3D struktur atom dalam bentuk yang nyata dan bergerak, sehingga memudahkan pemahaman konsep-konsep dalam Sains Kimia. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memperkaya pengalaman siswa dalam proses belajar.


Keywords


Augmented Reality, Sains Kimia, Struktur Atom, Android.

Full Text:

PDF

References


Apriani, R., Harun, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(4), 305–330.

Aris, A., Fitria, A., & Ihtisyamuddin, L. (2020). Chemistry Structure Sheet sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality pada Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 77–81.

Assiddiq, M., & Qashlim, A. (2015). Desain Multimedia Based Learning Untuk Media Pembelajaran MYOB Accounting 15. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 1(2), 25–30.

Astuti, E. Z. L. (2019). Gerakan literasi digital: Studi pemberdayaan pemuda melalui program sistem informasi potensi kreatif desa di Kulonprogo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 331–352.

Irsyad, M. S. (2016). Aplikasi augmented reality sebagai media simulasi ikatan kimia berbasis Android menggunakan metode FAST corner detection [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kamelia, L. (2015). Perkembangan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah kimia dasar. Jurnal Istek, 9(1).

Putra, G., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan Unsur Atom Pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1142–1148.

Samsumar, L. D., Zaenudin, Z., Kembang, L. P., & Kalbuadi, A. (2022). Membangun Literasi Digital Di Kalangan Siswa SD/MI, SMP/MTS Di Desa Setiling Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Abdimas Darma Bakti, 1(1), 8–17.

Supriadi, S., Wildan, W., Siahaan, J., Muntari, M., & Haris, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Melatih Model Mental Siswa SMA di Daerah Geopark Rinjani. Chemistry Education Practice, 6(1), 8–14.

Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4419

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter