Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PPKn Kelas X SMA Perintis Sindagamanik

Abdul Latief, Muh. Muzani Zulmaizar, Mistra Yuspitaa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PPKn kelas X di SMA Perintis Sindagamanik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu Pengumpulan informasi melalui observasi dan wawancara, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn dan guru Bimbingan dan konseling SMA Perintis Sindagamanik. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Impelementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Perintis Sindagamanik sudah berjalan dengan baik namun masih perluh ditingkatkan dan membutuhkan perhatian dari pemerintah untuk memaksimalkan kegiatan yang diprogramkan sekolah

Keywords


Implementasi, Pendidikan Karakter, profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Amazona, R. H., & Hamidah, S. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 5(1).

Djam’an, S., & Aan, K. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: alfabeta, 28.

Harsono, H. 2002. Implementasi kebijakan dan politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya.

Komariah, A. 2014. Metodologi penelitian kualitatif.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rosad, A. M. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rudiawan, R., & Cahyono, H. 2022. Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 7(2), 23-35.

Setiawan, G. 2004. Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. 2021. Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282-289.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4427

Article Metrics

Abstract views : 119 times | PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.