Persepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Suruang Kabupaten Polewali Mandar

Mahdiah Mahdiah, Syamsu Alam, Ade Rahayu

Abstract


Menurut pasal 1 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Badan Usaha Milik Desa yang diebut BUMDes adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Desa melalui “penyertaan” langsung Desa. mengelola milik pribadi, jasa dan usaha lainnya untuk kebaikan masyarakat Desa yang lebih besar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Suruang Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dari penelitian ini selanjutnya deskripsikan dan dianalisis secara kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pemerintah desa suruang, pengurus BUMDes, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Suruang. Adapun hasil atau kesimpulan yang di dapat dalam penelitian iyalah Persepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Suruang Kabupaten Polewali Mandar sudah bermanfaat bagi masyarakat,tetapi belum bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.


Keywords


Persepsi; Badan Usaha Milik Desa (BUMDes);Pendapatan;

Full Text:

PDF

References


Alam, S., Rahayu, A., & Nurdina, N. (2020). Efektivitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Meningkatkan Otonomi Desa Tammangalle Kecamatan Balanipa. Journal Peqguruang, 2(2), 15-20.

Budiono, P. (2015). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Bojonegoro (Studi di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Dan Desa Kedungprimpen Kecamatan Kanor). Jurnal politik muda, 4(1), 116-125.

Fatmawati, Y. (2014). ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHA KOPI ARABIKA: Survey pada Petani Kopi Arabika di Perkebunan Rakyat Kecamatan Ciwidey (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 107-116.

Ismowati, M., Fadhila, E., & Firmansyah, V. Z. (2022). PERAN BUMDES DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DAN PENDAPATAN ASLI DESA DI DESA CIBEUREUM, KECAMATAN CISARUA, KABUPATEN BOGOR. JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(8), 853-864.

Kamaroesid, H. (2016). Tata cara pendirian dan pengelolaan badan usaha milik desa. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Maryunani, M. (2008). Pembangunan Bumdes dan pemberdayaan pemerintah desa. CV Pustaka Setia.

Mulyana, D. (2012). Persepsi Khalayak Terhadap Program Acara Televisi Reality show “JIKA AKU MENJADI” di TRANS TV (Kasus: Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Peserta Mata Kuliah Psikologi Sosial Angkatan 2006, 2007, d. Skripsi, 11(1).

Pradnyani, N. L. P. S. P. (2019). Peranan badan usaha milik desa (Bumdes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Tibubeneng Kuta Utara. Juara: Jurnal Riset Akuntansi, 9(2).

Srimuliana, R., & Furqani, H. (2022). Peran Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa Awe Seubal Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 40-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4430

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter