Sistem Integrasi Pelaporan data penduduk transmigrasi kec tutar kabupaten Polewali mandar

Muh Supriono H, Basri Basri, Muammar Muammar

Abstract


Sistem Terintegrasi Pelaporan Data Migran merupakan solusi IT yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan data penduduk migran di Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk memfasilitasi pengumpulan, pemrosesan, dan pelaporan data migrasi secara terpusat dan real time. Permasalahan yang sering muncul dalam pengelolaan data penduduk pendatang antara lain : B. Duplikasi data, ketidakakuratan dan hilangnya data. Sistem pelaporan terintegrasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggabungkan informasi dari berbagai sumber seperti otoritas terkait, otoritas imigrasi dan otoritas lokal menjadi satu sistem yang terintegrasi. Sistem ini akan mencakup pengguna yang terdiri dari pejabat pemerintah, otoritas imigrasi dan masyarakat yang terkait dengan program keimigrasian. Mereka memiliki akses terbatas untuk mengelola data populasi migran, sesuai dengan peran dan tanggung jawab mereka. Dalam sistem pelaporan terpadu ini, data penduduk pendatang dicatat secara elektronik dengan menggunakan formulir khusus. Data terintegrasi langsung di database pusat, meminimalkan kesalahan dan duplikasi data. Selain itu, sistem ini dilengkapi dengan verifikasi dan validasi data secara otomatis untuk memastikan keakuratan data yang dilaporkan. Hasil pelaporan migrasi tersedia dalam bentuk laporan yang tersedia untuk pihak yang terkena dampak. Laporan-laporan ini dapat digunakan secara lebih efektif dalam merencanakan, memantau, mengevaluasi, dan membuat keputusan tentang program migrasi.

Keywords


Kata kunci: Sistem komunikasi terpadu bagi penduduk dengan latar belakang migrasi 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agusta, I. (2017). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor, 27(10). Anofizen, A. (2015). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Program Keluarga Harapan Kota Pekanbaru (Studi Kasus:

Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 97-101.

Astava, saya. B.M. & Wirata, I.P.G. (2022). Kajian untuk mengembangkan sistem pendataan penduduk tidak tetap berbasis digital di Kabupaten Buleleng. Jurnal Penelitian Saraswati Kabupaten Buleleng, 1(2), 1-18.

Barlan, A.R., Laekkeng, M. dan Sari, R. (2021). Pengaruh sanksi perpajakan, tingkat pendapatan dan informasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Polewali Mandar. Majalah Adz-Dzahab:

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 168-178.

Budianto, A. (2020). Ketegangan sosial di Lampung akibat program imigrasi tahun 1950-an. Jurnal Candi, 20(1), 18–31.

Dikana, K.R., Utami, M. & Saputera, S.A. (2022). Perancangan sistem informasi kependudukan berbasis web di Desa Tanjung Tawang Kabupaten Muara Pinang. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis), 4(2), 80-91.

Levang, P. (2013). Datang ke tanah sabrang :

Migrasi di Indonesia. Perpustakaan Gramedia Populer.

Baru, Y. (2016). Pengaruh migrasi terhadap kehidupan sosial masyarakat:

Kajian Sejarah Komunitas Timpeh Dharmasraya. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 23-36. Sama , G. , & Hum , M. (2022). RESISTENSI KELUARGA PER DIGITATE PENDEK DI NDUARIA KILA. D-RO Adi Wijayanto, S.Or., Sr. Kom., M.Pd., AIFO. Santiana, SS, M.Pd. Dian Armada Pradana, M.Pd. Mutik Nur Fadhilah, M. Rev. Aulia Rahmawati, M.Pd., 69.

Widiawati, A. (n.t.). Anpassung javanischer Migrantengemeinschaften an die Lampung-Kultur (Fallstudie des Dorfes Tata Karya, Bezirk Abung Surakarta, Regentschaft Nord-Lampung) [B.S. Ĉi tiuj]. Ĝakarto:

FITK UIN Syarif Hidayatullah Ĝakarto.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4432

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter