Analisis Kearifan Lokal dan Pendidikan Krakter Dalam Cerita Rakyat (Hikayat) Pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 1 Rantebulahan Timur Kabupaten Mamasa

desti desti, Nur Hafsah Yunus, Muhammad Syaeba

Abstract


Penelitian ini, bertujuan untuk mendskripsikan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat (hikayat) pada buku teks Bahasa Indonesia. Penelitian ini, merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat yang mengandung nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat (Hikayat) sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kemendikbud yang berjudul “Bahasa Indonesia” untuk kelas X SMA/MA/SMK/MAK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang digunakan berupa kata dan frasa. Temuan bentuk kearifan lokal meliputi budaya, norma, etika, kepercayaan, adat istiadat, dan hokum adat. Sedangkan nilai pendidikan karakter meliputi religious, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks cerita rakyt (hikayat) yang terdapat dalam buku teks pembelajaran Bahas Indonesia kelas X lewat Hasil analisis nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya mampu membentuk pesan positif kepada siswa. Penggunaan kata, susunan kata, pilihan kata sederhana sangat direkomendasikan untuk bacaan siswa. Dengan begitu siswa akan mudah memahami makna yang ingin disampaikan melalui cerita rakyat (Hikayat).


Keywords


Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat

Full Text:

PDF

References


Aswatun, H. (2020). Pesan Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal KIP, Vol 2 No 9.

Hasim, A. R. (2019). Menggali Kearifan Lokal melalui Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Daerah. Indonesian Language and Literature, Vol 3 No 2.

Mahdy, M. (2018). Membangun Pendidikan Karakter melalui Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat. Prosiding Konferensi Internasional Seni, Bahasa, dan Budaya, Vol 2 No 1.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawara. (2021). Analisis Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Jurnal Sastra, Vol 1 No 1.

Nasution. (2019). Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat: Pelajaran Pendidikan Karakter yang Bernilai. Jakarta: Gramedia.

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Putri, D. J. (2020). Character education content in folklore in Pacitan. Character Education, Vol 5 No 1.

Sahin, M. (2016). Mendidik Karakter Bangsa melalui Cerita Rakyat: Peran Kearifan Lokal. Bandung: Rosdakarya.

Sari, N. S. (2019). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat: Studi Kasus Kearifan Lokal. Jurnal Publikasi Bahasa, Vol 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4448

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter