Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Menggunakan Metode Pembelajaran Brainwriring pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 3 Mamasa

Mei Detri, Nur Hafsah Yunus MS, Kurnia Kurnia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencoba menjelaskan teknik pembelajaran Brainwriting dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis ulasan teks 23 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mamasa yang dibentuk pada dua siklus. Dalam penelitian ini, baik tes maupun nontes digunakan untuk mengumpulkan data. Berbagai rencana pelaksanaan pembelajaran atau tahapan pembelajaran memiliki kesamaan pada tahapan perencanaan siklus I dan siklus II. Proses pembelajaran yang digunakan pada siklus I belum terlaksana secara ideal. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa dengan proporsi 69,56%, dan 7 siswa berhasil dengan proporsi 30,43%. Pada siklus II dilakukan secara keseluruhan sehingga hasil belajar siswa meningkat, dengan 21 siswa tuntas dengan persentase 91,30% dan 2 siswa tidak tuntas dengan persentase 8,69%. Evaluasi pembelajaran siklus I tidak sesuai harapan karena pembelajaran belum terlaksana secara efektif sehingga berdampak pada kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Siklus II terlihat praktik pembelajaran yang baik dan peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


Metode Brainwriting; Teks Ulasan; SMP Negeri 3 Mamasa; Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Azizah Aida. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting Pada Peserta Didik sd/mi Kelas V. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Azis, Sulihin. "Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas viii b smp negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 10.1 (2016): 68-84.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Farida, I. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Haryadi, H. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Mahasiswa Menulis Artikel Di Media Massa. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 98-103.

Sugiyono 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta, cv.

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, HG. 2018. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Tone, Kamaruddin, M. S. Yunus, and Nur Hafsah. "Peningkatan Keterampilan Menulis Surat M Elalui Media Berbasis Macromedia Flash 8 Index VII di SMP Negeri 6 Polewali." Journal Peqguruang 2.2 (2020): 36-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4455

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter