Penerapan Model Inside Outside Circle dalam Menumbuhkan Metakognitif Siswa Kelas VIII di MTs DDI Lapeo

Herlina Ahmad, Ahmad Syah, abdul latif, Syamsuddin Syamsuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang  bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Menumbuhkan Metakognitif Siswa pada pokok pembahasan yaitu  Bangun ruang sisi datar. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Lapeo, pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan hasil  kuisioner dari seluruh peserta didik dengan memilih kelas yang dominanada  pada dua kelas, dan untuk sampelnya yaitu  kelas VIII A untuk kelas Eksperimen dan kelas VIII B untuk kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini yaitu tes lembar observasi dan  hasil belajar .  Tes ini terdiri dari pre test dan post test , sedangkan lembar observai terdiri yaitu dari lembar observasi keterlaksaan model dengan aktivitas peserta didik.  Untuk pengolahan data yang akan tekumpul yaitu digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.  Hasil analisis deskriptif akan diperoleh hasil tes akhir dengan  post test adalah  rata-rata hasil belajar matematika peserta didik untuk  kelas eksperimen sebesar 78,97 dan rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol sebesar  62,83. Hasil perhitungan uji-t diperoleh  sebesar 2.963 dan  sebesar 1,761 menunjukkan yaitu 2.963  1,761. Didapatkan signifikan 0,010  untuk terlihat bahwa sig  0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat di simpulkan bahwa Model Inside Outside Circle  berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs DDI Lapeo.

 


Keywords


Penerapan model pembelajaran Inside Ouside Circle, Dalam menumbuhkan metokognitif siswa.

Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2017). Problematika P endidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-47.

Anim, A. (2017). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Inside-Outside Circle (Ioc) Di Kelas Viii Mts Swasta Al-Istiqomah Kec. Tanah Jawa. Jurnal Dialog, 6(1), 534-545.

Azmi, N. (2015). Model Pembelajara n Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(1).

Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas Tinggi. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.

Hutauruk, A. J. (2017). Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Repository Fkip Unswagati. Dirgantoro, K. P. S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.

Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal Of Educational Innovation, 2(2), 13-20.

Kartina, M., Reskiah, R., & Syah, A. (2022, May). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving Tehadap Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Campalagiang. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 4, No. 1, pp. 26-29).

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.

Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Tiro, A. (2008). Analisis Data Kuantitatif untuk Riset Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4487

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter