Penerapan Model Inside Outside Circle dalam Menumbuhkan Metakognitif Siswa Kelas VIII di MTs DDI Lapeo
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Menumbuhkan Metakognitif Siswa pada pokok pembahasan yaitu Bangun ruang sisi datar. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs DDI Lapeo, pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan hasil kuisioner dari seluruh peserta didik dengan memilih kelas yang dominanada pada dua kelas, dan untuk sampelnya yaitu kelas VIII A untuk kelas Eksperimen dan kelas VIII B untuk kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini yaitu tes lembar observasi dan hasil belajar . Tes ini terdiri dari pre test dan post test , sedangkan lembar observai terdiri yaitu dari lembar observasi keterlaksaan model dengan aktivitas peserta didik. Untuk pengolahan data yang akan tekumpul yaitu digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif akan diperoleh hasil tes akhir dengan post test adalah rata-rata hasil belajar matematika peserta didik untuk kelas eksperimen sebesar 78,97 dan rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol sebesar 62,83. Hasil perhitungan uji-t diperoleh sebesar 2.963 dan sebesar 1,761 menunjukkan yaitu 2.963 1,761. Didapatkan signifikan 0,010 untuk terlihat bahwa sig 0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat di simpulkan bahwa Model Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs DDI Lapeo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N. (2017). Problematika P endidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-47.
Anim, A. (2017). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Inside-Outside Circle (Ioc) Di Kelas Viii Mts Swasta Al-Istiqomah Kec. Tanah Jawa. Jurnal Dialog, 6(1), 534-545.
Azmi, N. (2015). Model Pembelajara n Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(1).
Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas Tinggi. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.
Hutauruk, A. J. (2017). Pendekatan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Repository Fkip Unswagati. Dirgantoro, K. P. S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal Of Educational Innovation, 2(2), 13-20.
Kartina, M., Reskiah, R., & Syah, A. (2022, May). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving Tehadap Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Campalagiang. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 4, No. 1, pp. 26-29).
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184-197.
Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Mediasi, 8(1).
Tiro, A. (2008). Analisis Data Kuantitatif untuk Riset Bisnis.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4487
Article Metrics
Abstract views : 39 times | PDF - 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.