Efektivitas Aplikasi Quizalize Terhadap Kemampuan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Polewali

Mutmainnah Mutmainnah, Muhammad Yusuf Yunus, Jerni Basir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Kemampuan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Media Pembelajaran Quizalize Kelas X Ips Dan Bahasa Sma Negeri 3 Polewali memakai metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X SMA Negeri 3 Polewali. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X sebanyak 30 siswa yang merupakan sampel penelitian. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Test kemudian diolah dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan uji analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa data nilai berdistribusi secara normal dengan perolehan nilai rata-rata variabel (X) 65.73 dengan kategori rendah dan perolehan nilai rata-rata variabel (Y) 71.53 dengan kategori sedang. Hasil analisis pengujian data melalui SPSS dapat dilihat pada nilai Coefficientsa diperoleh nilai sig. 0,137. Ternyata nilai sig. 0,137 lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,137 > 0,05. Maka H0 diterima dan Ha ditolak, berarti bahwa variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi quizalize terhadap kemampuan membaca teks hasil observasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 3 Polewali atau dikatakan tidak efektif


Keywords


Efektivitas, Quizalize, Teks Hasil Observasi

Full Text:

PDF

References


Al Yakin, A. (2019, July). Manajemen kelas di era industri 4.0. In Jurnal Peqguruang Conference Series (Vol. 1, No. 1, pp. 11-15).

Ali, M. (2014). Guru dalam Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Hamida, D. &. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Laboratorium Virtual Dan Laboratorium Riil Dalam Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Banyudono. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Kemendikbud. (2014). Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademis Kelas X. Jakarta.

Khang, A., Muthmainnah, M., Seraj, P. M. I., Al Yakin, A., & Obaid, A. J. (2023). AI-Aided Teaching Model in Education 5.0. In Handbook of Research on AI-Based Technologies and Applications in the Era of the Metaverse (pp. 83-104). IGI Global.

Muhammad Yusuf Yunus, A. M. (2019). Analisis Korelasi antara Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IX SMP Kemala Bayangkari Makassar. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, Jilid 15.

Muthmainnah, M., Khang, A., Al Yakin, A., Oteir, I., & Alotaibi, A. N. (2023). An Innovative Teaching Model: The Potential of Metaverse for English Learning. In Handbook of Research on AI-Based Technologies and Applications in the Era of the Metaverse (pp. 105-126). IGI Global.

Rasjid, A. R., Al Yakin, A., Muthmainnah, M., & Obaid, A. J. (2023). Exploring Students’ Autonomous Learning Behaviours Toward E-Learning to Higher Education Performance. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2).

Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) Tentang Pendidikan. Republik Indonesia: Jakarta.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4509

Article Metrics

Abstract views : 150 times | PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.