Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided NOte Taking (GNT) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Mts DDI Pariangan

Muhammad Assaibin, Muhammad Ali P

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. DDI Pariangan. Penelitian dilaksanakan pada kelas VIII dengan jumlah siswa 26 siswa tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas sampel yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif (pre-test dan post-test) dimana pre-test diberikan sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil tes menunjukkan bahwa pembelajaran guided note taking memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. DDI Pariangan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen 80 dan pada kelas kontrol 68,57 sehingga nilai hasil belajar matematika siswa dalam kriteria tuntas atau mencapai KKM yang berlaku. Serta perolehan nilai R. Square yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guided note taking memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yakni sebesar 70%.


Keywords


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Angraeni, A. Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv SD Inpres Pare’-Pare’ Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.

Apriyanti, H. (2014). Implementasi Pendekatan Pemebelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Asiyah, A.T., & Walid, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 742-751.

Assaibin, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika,5(3), 2975-2988.

Komariyah, A., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Novianti, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Bireuen. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 3(2).

Nur, A. V., & Sumarni, W. (2017). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Kimmy-Games terhadap pemahaman konsep kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1).

Payadnya, I. P. A. & Jayantika, I. G. A. N. T (2018). Panduan penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish.

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar (21st ed.). Remaja Rosdakarya.

Sugiyoyno. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4538

Article Metrics

Abstract views : 60 times | PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.