ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA KALANGAN REMAJA MASJID NURUL MUTTAHIDA KELURAHAN MALUNDA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa pada kalangan remaja Masjid Nurul Muttahida Kelurahan Malunda. Subjek atau informan dalam penelitian ini yaitu anggota remaja Masjid Nurul Muttahida Kelurahan Malunda dengan fokus penelitian yaitu bentuk tindak kesantunan berbahasa oleh para remaja dalam berinteraksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik simak bebas libat cakap, Teknik rekam dan Teknik catat. Selanjutnya menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (identifikasi, klasifikasi, deskripsi dan analisis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 17 tuturan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa pada kalangan remaja Masjid Nurul Muttahida Kelurahan Malunda yang masing-masing terbagi menjadi 6 tuturan pematuhan maksim kebijaksanaan atau maksim kearifan, 2 tuturan pematuhan maksim kedermawanan, 4 tuturan pematuhan maksim penghargaan atau pujian, 2 tuturan pematuhan maksim kesederhanaan atau kerendahan hati, 1 tuturan pematuhan maksim simpati, 2 tuturan pematuhan maksim kesepakatan kemudian sebanyak 9 tuturan melanggar prinsip kesantunan berbahasa yang masing-masing terbagi menjadi 2 tuturan melanggar maksim kebijaksanaan,1 tuturan melanggar maksiim kedermawanan, 4 tuturan melanggar maksim penghargaan atau pujian, 1 tuturan melanggar maksim kesederhanaan atau kerendahan hati dan 1 tuturan melanggar maksim simpati.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almunawar, 2018. Kesantunan Berbahasa Di kalangan Remaja Di Desa Pekalobean Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang.Skripsi.
Beden, S. (2020). Kesejajaran kesantunan bahasa dalam perutusan pakej rangsangan ekonomi prihatin dengan prinsip kesopanan
Leech (1983). Jurnal Linguistik, 24(1). Chaer, Abdul. (2016). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2013). Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).
Djumingin, A. (2016). Analisis kesantunan berbahasa guru dan siswa pada kegiatan presentasi pembelajaran bahasa indonesia kelas viii smp negeri 12 makassar (Doctoral dissertation, FBS).
Faizah, Utama Dewi, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K. Wiedarti, Pangesti & Laksono, Ed.). Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Febriasari, D., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 140-156.
Gainau, M. B. 2021. Perkembangan Remaja Dan Problematikanya. Yogyakarta : PT Kanisius.
Isach, M.F. 2014. “Kesantunan Berbahasa dalam Rapat Rutin di SD Sokowaten Baru Babadan Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul”. (Doctoral Dissertation Universitas Negeri Yogyakarta)
Lailatul Wahidah, Y., & Wijaya, H. (2017). Anaslisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Prgmatik). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 1-16.
Leech, Geoffrey. (2018). The Pragmatics of Politeness. New York: Oxford University Press.
Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi, P. 410).
Meilan, dkk. 2018. Kesehatan Reproduksi Remaja: Implementasi PKPR dalam Teman Sebaya. Wineka Media. Kota Malang.
Pamungkas, S. (2016). Kesantunan Berbahasa Pada Anak-Anak Bilingual Dikabupaten Pacitan Jawa Timur: Kajian Pragmatik (Studi Kasus Kemampuan Anak Mengungkapkan Cerita di Depan Kelas Berdasarkan Teori Kesantunan Asim Gunarwan). In Prasasti: Conference Series (pp. 298-304).
Rahardi, R. Kunjana. (2015). Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Saddhono, Kundharu - Slamet, ST. Y. 2014. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sumarlam, dkk. 2017. Pemahaman dan Kajian Pragmatik. Surakarta : Buku Kata.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4589
Article Metrics
Abstract views : 73 times | PDF - 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.