Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial

Herlina Ahmad, Irfawandi Samad, Asti Ramadhani Soleman, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII dalam  menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang melibatkan 33 siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Polewali. Dari 33 siswa yang diberikan tes diagnostik diperoleh: 4 siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi, 11 siswa dengan kemampuan literasi matematis sedang, dan 18 siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah. Dari 33 siswa tersebut, 6 siswa diambil dengan mengambil 2 siswa dari masing-masing kategori yaitu literasi matematis tinggi, sedang dan rendah kemudian melakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian literasi matematis diperoleh: siswa dengan literasi matematis rendah memahami soal dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, tetapi tidak dapat menyelesaikan soal. Hasil penelitian literasi matematis sedang diperoleh: siswa dapat menyelesaikan masalah dalam konteks umum, tetapi tidak dapat menyelesaikan masalah yang menghubungkan 2 representatif yang berbeda. Hasil penelitian siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi: siswa memahami soal, mampu menyelesaikan soal dengan prosedur dan rumus yang benar dalam konteks yang tidak biasa dan kompleks, mampu menghubungkan 2 representasi yang berbeda dan mampu menyelesaikan masalah, mampu untuk menggeneralisasi dan melaporkan hasil jawaban mereka.

                                                                                         


Keywords


Aritmetika Sosial; Literasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Agam,Y. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Ahmad, H., Nurhidayah, N., & Nurdin, N. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 20-24.

Anggraeni, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada Materi Aritmatika Sosial (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fafre, C., & Na, L. (2019). Mali's Educational System: An Overview of Mathematics Curriculum in Mali, from Kindergarten to Secondary School. European Journal of Education Studies

Irmayanti, Rohani, Pasaribu, L. H., Rahma, I. F., & Nazliah, R. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Numeracy, 7(2), 240254.Retrievedfromhttps://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/1205/1062

OECD. (2018). Information About The PISA Study 2018. Paris: OECD Publishing.

Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50.

Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8, pp. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, H., Dafik., & Diah, N. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember.

Sudjana, Nana. 2014 . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4592

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter