Efektivitas Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII MTs DDI Polewali

Abdul Muttalib, Chuduriah Sahabuddin, Kurnia Kurnia

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas VII MTs DDI Polewali. Populasi diambil dari kelas VII dengan jumlah 32 orang. Sampel ditentukan VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada kelompok kontrol dan eksperimen dengan memperhatikan ruang lingkup materi pokok dan menjadi pembaca efektif bahasa Indonesia yang tercantum dalam kurikulim 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 74,70 yang berada pada kategori mampu, peserta didik kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 62,67 yang berada pada kategori kurang mampu. Kemudian hasil analisis inferensial pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan hasil kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas VII MTs DDI Polewali, pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 mengalami peningkatan yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran CIRC. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran CIRC lebih efektif dibanding dengan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VII MTs DDI Polewali.



Keywords


Model Pembelajaran CIRC, Membaca Pemahaman dan Hasil Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Kariesma, dkk. 2014. Pengaruh model pembelajaran CIRC bermedia powerpoint terhadap keterampilan membaca pada bahasa Indonesia kelas IV SD gugus 1 Kuta Badung. Jurnal mimbar PGSD Universitas pendidikan ganesa. 2(1):halaman 3)

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Andriani, A., & Fausiah, F. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Kritis. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 1-10.

Nurhidayah, I, dkk. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Circ untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Pendidikan guru sekolah dasar. 2(4): halaman 43-44

Amna, P., Azwandi, Y., Yunus, M. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa tunarungu dengan menggunakan teknik skimming. Jurnal ilmiah pendidikan khusus.2(3):halaman 856

Khasanah, dkk. 2016. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi question answer relationship (QAR) pada siswa sekolah dasar. Jurnal pedagogik pendidikan dasar. 4(2): halaman 163

Pratita, I. I.(2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (DOKKAI) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Asa, 4, 1–11

Murtiningrum, Weni dkk. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotision (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Siswa.Jurnal Ilmiah Dasar, 3(1):17-24.

Oktaviasari, P. 2016. Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek siswa kelas V SD di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4597

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter