KUALITAS KERJA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Wahyu Pranata, 2Aco dahrul Saharuddin, Muhammad Syaeba

Abstract


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah sebuah instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengelola dan memelihara data kependudukan serta administrasi kependudukan suatu negara atau wilayah. Fungsi dan tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dapat bervariasi di setiap negara, tergantung pada sistem administrasi dan peraturan yang berlaku. Namun, tujuan umum mereka adalah untuk menyediakan layanan administrasi kependudukan yang penting bagi warga negara dan pemerintah.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa upaya yang dilakukan oleh DISDUKCAPIL dalam meningkatkan kualitas kerja pegawainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Kualitas Kerja Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar. Adapun informan pada penelitian ini adalah kepala dinas atau sekretaris DISDUKCAPIL serta kepala bidang dan masyarakat.Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kualitas kerja yang dialami oleh pegawai DISDUKCAPIL melalui upaya yang dilakukan yang berupa pelatihan rutin berupa BIMTEK dan RAKOR serta melatih komunikasi yang baik, pemberian insentif, penghargaan dan apresiasi serta mencipakan hubungan yang harmonis didalam organisasi. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.


Keywords


DISDUKCAPIL, kualitas, kerja

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, W. (2016). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang. Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Duckworth, A. (2016). Grit: The Power of Passion and Perseverance. New York: Scribner.

Fitrah, N., & Karmila, K. (2021). Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi, dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi.

Huberman, A., & B. Miles, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Jumiani, J., Hattab, S., & Arsyad, S. (2021). Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Morowali Utara. Cendrawasih: Journal of Administration and Management Public Literation (JAMIL).

Mosso, A., Singkoh, F., & Sumampouw, I. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat Provinsi Papua Barat. Jurnal Eksekutif.

Pakarain, I. R., & Abdussamad, Z. (2022). Penguatan Kapasitas Kinerja Aparatur dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan.

Soedarsono, K., & Dewi. (2014). Sistem Manajemen Komunikasi (Teori, Model, dan Aplikasinya). Bandung: Refika.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian : Kuantitatif kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta, Indonesia: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4611

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter