Analisis Tindak Tutur Dalam Percakapan Antara Mahasiswa dan Dosen Univesitas Al Asyariah Mandar.

Andriani Andriani, Naim Irmayani, Sulihin Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam percakapan antara Mahasiswa dan Dosen Univesitas Al Asyariah Mandar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain peneltian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan atau percakapan antara Mahasiswa dan Dosen dalam proses pembelajaran di kampus Univesitas Al Asyariah Mandar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengamatan, catat dan rekam, menggunakan instrumen korpus data dilakukang dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada percakapan antara Mahasiswa dan Dosen ditemukan bentuk-bentuk tindak tutur diantaranya tindak tutur lokusi ditemukan sebanyak 6 data meliputi kalimat Tanya 3 data, kalimat perintah 1 data dan kalimat berita 2 data. Bentuk tindak tutur ilokusi sebanyak 6 data meliputi kalimat asertif 3 data, kalimat direktif 1 data dan kalimat ekspresif 2 data. Bentuk tindak tutur perlokusi sebanyak 3 data meliputi kalimat bersedih 3 data. Tindak tutur lokusi lebih banyak ditemukan dari pada tindak tutur lain, ini menunjukkan bahwa dalam percakapan antara Mahasiswa dan Dosen dalam proses pembelajaran dominan menggunakan kalimat yang bermakna dan mudah dipahami.


Keywords


Tindak tutur, lokusi, ilokusi dan perlokusi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P. N., & Yudi, A. P. (2021). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dilan dalam Film Dilan 1990. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 8(1), 27–40.

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi Dan Ilokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sekip Ujung, Palembang. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 10(1), 73–87.

Anselmus Bobo Tari, P. (2018). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Dalam Tayangan Kick Andy Episode “Ubah Mimpimu Jadi Kenyataan” dan Relevansinya Pada Pembelajaran Berbicara di SMP. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

Chaer, A., Cipta, R., & Nurachmah, E. (n.d.). Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah dan Hakikat Bahasa.

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121–132.

Dewi, G. P. F. (2012). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dalam bahasa inggris sebagai media pembelajaran siswa sd berbasis macromedia flash. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–169.

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1).

Fitriah, F., & Fitriani, S. S. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya RH Fitriadi. Master Bahasa, 5(1), 51–62.

Haraha, R. A., & Pi, S. (2018). HAKIKAT BAHASA.

KIYOHIKO, A., & ARIEFANDI, F. (n.d.). Tindak Tutur Ilokusi yang Pembaca Dalam Manga A.

Meliyawati, M., Saraswati, S., & Anisa, D. (2023). Analisis Tindak Tutur Lokusi Ilokusi dan Perlokusi Pada Tayangan Youtube Kick Andy Edisi Januari 2022 Sebagai Bahan Pembelajaran Di SMA. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 137–152.

Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20–29.

NUR AZIZAH, N. U. R. A. (2022). Tindak Tutur Direktif Dalam Ceramah Agama Islam Itu Indah Pada Minggu Pertama Bulan Agustus Tahun 2021 (KAJIAN PRAGMATIK). Universitas Batanghari.

Nurjaman, I., & Rachmi, T. (2019). Persepsi orang tua terhadap pemerolehan bahasa Inggris anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(2), 82–90.

Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Rahayu, S. P. (2012). Bentuk dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Bahasa Prancis. Litera, 11(1).

Septia, R. (2019). Analisis Fungsi Tindak Tutur dan Inferensi Pada Isi Pesan Singkat yang Bermotif Penipuan. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68.

Suprayetno, E., & Anggraini, R. (2023). Respon Tindak Tutur Ekspresif Mahasiswa Program Pertukaran (PMM2) dalam WA Grup Modul Nusantara Universitas Islam Malang (UNISMA). Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 6(1), 47–56.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4614

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter