EFEKTIVITAS PELAYANAN SATU PINTU DI KANTOR DINAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Penelitian ini diawali pada observasi awal peneliti bahwa Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Polewali Mandar sebagai Instansi fasilitator dan regulator yang memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas sistem pelayanan satu pintu dalam melayani tingkah kepuasan masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui untuk efektivitas sistem kualitas pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Polewali Mandar dalam tingkat kepuasan masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan metode observasi atau wawancara. Sedangkan langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ialah pengumpulan data, menggambarkan, mengemukakan, atau menguraikan berbagai data yang telah ada, kemudian Interpretatif, menafsirkan data-data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Satu Pintu efektif dalam meningkatkan kepuasan masyarakat karena telah memenuhi faktor-faktor penting seperti kemudahan akses, efisiensi waktu dan biaya, koordinasi antar instansi, kualitas pelayanan, serta umpan balik dan evaluasi yang terus-menerus.
Full Text:
PDFReferences
Ajilaksa, I Dewa Ketut Yudyadana ( 2011 ). Pengaruh CSR Terhadap Kinerja keuangan Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Dedy Mulyadi, 2016, Administrasi Publik dan Pelayanan Publik, Bandung,. Alfabeta.
Enifah, E. (2012). Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sebagai Upaya memaksimalkan produktivitas Perusahaan.skripsi). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Gibson, J. (2011). Organisasi Perilaku Struktur Proses. Semarang: Bina Pura. Aksara
Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam.Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik,1(1), 22-31.
Moenir, (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pasolong Harbani. 2014. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi.Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi,15(1), 63-77
Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 .Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara
Sujipto, A., Haning, M. T., & Suratman, S. (2019). ANALISIS LAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERIZINAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN POLEWALI MANDAR.JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 80-94
Sumaryadi, I.N. (2010). Sosiologi Pemerintahan. Penerbit: Ghalia Indonesia, Bogor.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4622
Article Metrics
Abstract views : 122 times | PDF - 94 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.