EFEKTIVITAS PELAYANAN SATU PINTU DI KANTOR DINAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Abd Asiz, Aco Parawansa, Sultan Sulatan

Abstract


Penelitian ini diawali pada observasi awal peneliti bahwa Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Kabupaten Polewali Mandar sebagai Instansi fasilitator dan regulator yang memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas sistem pelayanan satu pintu dalam melayani tingkah kepuasan masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui untuk efektivitas sistem kualitas pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Polewali Mandar dalam tingkat kepuasan masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan metode observasi atau wawancara. Sedangkan langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ialah pengumpulan data, menggambarkan, mengemukakan, atau menguraikan berbagai data yang telah ada, kemudian Interpretatif, menafsirkan data-data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Satu Pintu efektif dalam meningkatkan kepuasan masyarakat karena telah memenuhi faktor-faktor penting seperti kemudahan akses, efisiensi waktu dan biaya, koordinasi antar instansi, kualitas pelayanan, serta umpan balik dan evaluasi yang terus-menerus.

 


Full Text:

PDF

References


Ajilaksa, I Dewa Ketut Yudyadana ( 2011 ). Pengaruh CSR Terhadap Kinerja keuangan Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Dedy Mulyadi, 2016, Administrasi Publik dan Pelayanan Publik, Bandung,. Alfabeta.

Enifah, E. (2012). Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sebagai Upaya memaksimalkan produktivitas Perusahaan.skripsi). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Gibson, J. (2011). Organisasi Perilaku Struktur Proses. Semarang: Bina Pura. Aksara

Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam.Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik,1(1), 22-31.

Moenir, (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pasolong Harbani. 2014. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi.Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi,15(1), 63-77

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 .Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara

Sujipto, A., Haning, M. T., & Suratman, S. (2019). ANALISIS LAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERIZINAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN POLEWALI MANDAR.JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 80-94

Sumaryadi, I.N. (2010). Sosiologi Pemerintahan. Penerbit: Ghalia Indonesia, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4622

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter